DIY Diminta Kaji Kemungkinan Kampus Segera Gelar Kuliah Tatap Muka

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Dua sektor yakni pariwisata dan pendidikan memegang peran penting menopang perekonomian DIY. Dua sektor ini sekarang hampir lumpuh total karena pandemi Covid-19 yang berimbas pada merosotnya ekonomi DIY.

Untuk mendongkrak pariwisata, saat ini cukup sulit karena kasus yang masih terjadi di DIY. Wisatawan rombongan kembali dibatasi, meski perlahan pariwisata berusaha dihidupkan kembali.

Kepala Deputi BI Yogyakarta, Miyono menyebut sektor pariwisata merupakan salah satu pendorong utama ekonomi DIY selain pendidikan. Sisi konsumsi warga disebut menopang mayoritas perekonomian yang mau tak mau harus segera didorong untuk bergerak.

“Ketika pendorongnya dari pariwisata dan mahasiswa (pendidikan) ini motornya berhenti, dampaknya ke mana-mana. Sudah pasti ekonomi kita berat,” ungkap Miyono dalam diskusi di Tarumartani, Sabtu (25/07/2020).

Wakil Ketua DPRD DIY Huda Tri Yudiana mengharapkan agar Pemda segera bergerak untuk mengurai permasalahan ekonomi tersebut. Langkah paling dekat menurut Huda dengan segera memanggil rektor-rektor perguruan tinggi di DIY untuk mengkaji kemungkinan segera memulai kuliah tatap muka.

BERITA REKOMENDASI