DIY Dukung Masjid Jadi Tempat Vaksinasi Warga

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Pernyataan Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla (JK) bahwa mulai bulan depan masjid dapat menjadi tempat vaksinasi Covid-19, khususnya bagi warga yang tinggal di sekitar masjid mendapat tanggapan Pemda DIY. DIY mendukung hal tersebut dengan catatan memenuhi persyaratan lokasi vaksinasi.

Sekda DIY, Kadarmanta Baskara Aji mengatakan pihaknya tak mempermasalahkan apabila Masjid digunakan sebagai lokasi vaksinasi. Namun, Baskara Aji mengingatkan lokasi vaksinasi harus nyaman dan sesuai standar protokol kesehatan.

“Vaksinasi itu berbeda dengan proses testing ya, kalau testing swab biasanya dicari yang outdoor supaya aman. Tetapi kalau untuk vaksinasi kita cari tempat yang nyaman, dalam arti nyaman itu ya tidak kepanasan, ada sirkulasi udara yang baik dan boleh menggunakan ruangan ber-AC,” ungkap Aji, Rabu (24/03/2021).

Pemda DIY menurut Aji bisa menyediakan Masjid sebagai lokasi vaksinasi Covid. Hal tersebut sebagai upaya percepatan pelaksanaan vaksinasi termasuk penggunaan tempat ibadah lainnya.

“Bisa saja, tidak apa-apa. Jadi bisa saja Masjid dipakai, Gereja dipakai tidak masalah. Harapannya tetap sama untuk mempercepat pelaksanaan vaksinasi untuk masyarakat,” tandas dia.

Sebelumnya, JK mengatakan mulai bulan depan masjid dapat menjadi tempat vaksinasi Covid-19, khususnya bagi warga yang tinggal di sekitar masjid. JK menyebut masjid yang akan menjadi tempat vaksinasi harus memiliki sarana penunjang seperti halaman dan bangunan yang luas, serta fasilitas pendukung lainnya. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI