DIY Dukung Penerapan PPKM Level 3 Saat Libur Natal

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRJOGJA.com – Pemerintah berencana menerapkan PPKM Level III di seluruh Indonesia pada masa libur Natal dan Tahun Baru mulai 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022 mendatang. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Corona Covid-19 yang kini masih terjadi meski jumlahnya sudah sangat menurun.

Rencana penerapan tersebut mendapat dukungan dari Wakil Ketua DPRD DIY, Huda Tri Yudiana. Menurut Huda, perlu kewaspadaan mengingat dua kali libur Natal dan Tahun Baru selalu berakhir dengan lonjakan kasus di DIY. Ia menilai, langkah pencegahan perlu dilakukan salah satunya dengan membatasi pergerakan masyarakat untuk sementara waktu.

“Jangan sampai ini terjadi lagi dalam momentum ini. Saya mendukung rencana kenaikan level PPKM saat liburan Nataru. Lebih baik kita menjaga diri beberapa hari daripada harus berhenti aktivitas beberapa bulan akibat lonjakan kasus. Belum lagi jika ada korban. Saat ini covid belum berakhir dan masih ada,meskipun kita syukuri jumlahnya sangat jauh berkurang,” ungkap Huda, Kamis (18/11/2021).

Huda menilai, kerumunan saat masa liburan tak dapat dihindari terlebih ketika dilakukan tanpa penerapan protokol kesehatan. Ia khawatir, lonjakan kasus justru akan mematikan gerak ekonomi masyarakat lebih lama ke depan.

“Kita sudah belajar dua tahun ini, sebab-sebab kenaikan kasus sudah kita ketahui dan bagaimana mencegahnya. Wajib bagi kita mencegah kenaikan kasus dengan hati-hati dan disiplin penerapan prokes,” sambung dia.

Terpisah, Sekda DIY, Kadarmanta Baskara Aji menilai langkah pemerintah merupakan hal yang baik karena daerah dapat menerapkan aturan pengetatan. Hal tersebut penting karena DIY menjadi tujuan wisata libur akhir tahun yang akan membuat masyarakat berduyun-duyung hadir.

“Yogya itu sasaran Nataru, makan nanti kita bisa melakukan pengaturan-pengaturan kalau memang level 3. Bukan berarti melarang wisatawan, tapi pembatasan jumlah yang masuk ke destinasi, dan durasinya,” tandas Baskara Aji. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI