DIY Gelontorkan Rp 384 Juta, Bonus Hendra untuk Umrohkan Orangtua

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Pemda bersama KONI DIY memberikan tambahan bonus bagi atlet asal DIY yang meraih prestasi di Sea Games Filipina 2019, Senin (30/12/2019). Dana Rp 384 juta digelontorkan untuk atlet dan pelatih yang berhasil menorehkan tinta emas di ajang olahraga multi event terakbar Asia Tenggara tersebut.

Ketua KONI DIY, Prof Djoko Pekik Irianto mengungkap di Sea Games Filipina lalu, DIY mengirimkan 15 atlet dan 6 pelatih. Mereka bertanding di beberapa cabang olahraga seperti voli pasir, hoki bawah air, panahan, pencak silat, rugby hingga sepakbola putri.

Baca juga :

Sempat Dipukuli, Mahasiswa di Yogya Jadi Korban Salah Tangkap Polisi
UMY Luncurkan 'Cafe 1912'

“Dari DIY ada 9 atlet meraih medali terdiri dari 3 emas, 2 perak dan 6 perunggu. 1 emas dari Ade Candra dan Gilang Ramadhan cabang voli pasir dengan pelatih Koko Prasetyo dan Dian Putra Santoso. 2 emas dari Hendra Purnama dari cabang Panahan dengan pelatih Budi Widayanto,” ungkap Djoko di sela pemberian bonus di hotel @Hom Premiere Timoho.

Masing-masing atlet mendapatkan besaran bonus berbeda tergantung medali yang diperoleh dan nomor cabang olahraga. Jumlahnya antara Rp 53 juta untuk peraih emas hingga Rp 8 juta untuk perunggu.

Begitu juga dengan pelatih, mendapat nominal bonus antara Rp 8 juta hingga Rp 27 juta tergantung keberhasilan mengantar atlet meraih medali. Penyerahan bonus dilakukan oleh Asisten Bidang Pemberdayaan Sumber Daya Masyarakat Setda Pemda DIY, Arofah Nur Indriyani mewaliki Gubernur DIY Sri Sultan HB X.

Arofah menyampaikan harapan agar tambahan bonus yang diterima bisa membawa motivasi bagi atlet. Pemda DIY juga berharap agar KONI DIY semakin maksimal melakukan pembinaan agar semakin banyak atlet meraih prestasi baik tingkat nasional maupun internasional.

Sementara Hendra Purnama, atlet panahan yang mendapat dua medali emas dan bonus tambahan Rp 75 juta menyampaikan apresiasi atas tali asih dari Pemda dan KONI DIY. Ia bersiap mewujudkan rencana mulia memberangkatkan Umroh kedua orangtuanya ke tanah suci.

“Alhamdulillah, untuk orangtua berangkat Umroh. Nanti mau segera diwujudkan terus sisanya untuk budidaya burung puyuh bersama teman di sini (Yogyakarta),” ungkapnya.

Hendra mampu meraih dua medali emas dari nomor Mens Individual Recurve dan Mens Team Recurve. Keberhasilan tersebut terbilang sangat membanggakan bagi lulusan UNY tersebut.

Sebelumnya Hendra mendapat bonus Rp 500 juta dan Rp 350 juta dari pemerintah pusat atas raihan medali emas di Sea Games. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI