DIY Ikuti Aturan Pusat Soal Sanksi Penolak Vaksinasi

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Pemerintah Pusat mewajibkan masyarakat untuk mengikuti Program Vaksinasi Covid-19. Sebagai program yang wajib diikuti, maka warga yang menolak vaksinasi bisa mendapatkan sanksi. Hal ini sesuai aturan/ketentuan dari Pemerintah Pusat.

Seandainya ada warga DIY yang menolak mengikuti vaksinasi, untuk pemberian sanksinya Pemda DIY akan mengikuti ketentuan dari Pemerintah Pusat. Kendati demikian, Pemda DIY akan mengedepankan langkah-langkah persuasif.

”Kalau untuk sanksi bagi yang tidak mau mengikuti vaksinasi, Pemda DIY dalam hal ini Bapak Gubernur tidak akan membuat aturan yang berbeda dari Pusat. Meski begitu dalam proses dan penanganannya kami lebih mengedepankan pendekatan persuasif. Seperti melakukan edukasi kepada warga agar mereka bisa memahami pentingnya vaksinasi dan mau mengikuti program tersebut,” kata Sekda DIY Drs K Baskara Aji MM.

Aturan sanksi tersebut tertuang dalam Peraturan Presiden No 14/Tahun 2021 tentang Perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 99 Tahun 2020 tentang Pengadaan Vaksin dan Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19. Menurut Baskara Aji, ada kemungkinan warga yang menolak vaksin karena ketidaktahuan mereka akan pentingnya vaksinasi.

Padahal sebelum diberikan, vaksin Covid-19 sudah melalui sejumlah uji klinis yang aman. Jadi vaksin itu aman untuk diberikan kepada masyarakat. (Ria/Ira)

BERITA REKOMENDASI