DIY Kirimkan 243 Peserta Ikuti Jambore Nasional X

YOGYA (KRjogja.com) – DIY mengirimkan 243 pesertanya sebagai kontingen Jambore Nasional (Janmas) X yang digelar di Bumi Perkemahan Cibubur pada 14 hingga 22 Agustus 2016. Peserta Jamnas berprestasi ini diharapkan menjadi marketing gerakan cinta Pramuka dan mengembangkan Pramuka Garuda dengan mengaktifkan kembali Gugus depan (Gudep) Pramuka seluruh sekolah di DIY.  

Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka DIY, GKR Mangkubumi menyampaikan Gudep Pramuka di sekolah di DIY menurun. Gudep ini sangat penting karena merupakan tempat penggemblengan dan pembentukan karakter.

"Untuk itu akan diupayakan bagaimana Gudep terutama di Sekolah Dasar ditumbuhkembangkan. Karena Gudep sebagai tempat penggemblengan pengajaran dan pembentukan karakter," ujar GKR Mangkubumi usai acara Pelepasan Kontingan Jamnas X Tahun 2016 Kwartir Daerah Gerakan Pramuka DIY di Bangsal Kepatihan Yogyakarta, Jumat (5/8/2016).

GKR Mangkubumi mengakui ada sekolah yang mewajibkan Pramuka dan ada sekolah yang menjadikan Pramuka hanya  yang merupakan ekstrakuler, namun untuk kemah tidak wajib. Pihaknya berharap bagaimana agar kemah diwajibkan di sekolah. Karena dengan mengikuti kemah ada kemandirian, interaktif sosial dan banyak penggemblengan dengan kemah.  

"Kami akan menghidupkan kembali Gudep teritori yang selama ini sudah ada seperti di Desa Wukirsari yang menfokuskan kebudayaan dan di Desa Pramuka di Cangkringan. Tetapi selama ini  pengawasan dan pendampingan dari Kwarda  Gerakan Pramuka  kurang," ungkap putri sulung Raja Kraton Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X tersebut. (R-4)

BERITA REKOMENDASI