DIY Level 3 Lagi Buntut Omicron, Begini Kata Pemda DIY

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRJOGJA.com – Koordinator Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa-Bali, Luhut Binsar Panjaitan, Senin (7/2/2022) mengumumkan kenaikan level PPKM di Jabodetabek juga DIY dan Bali. DIY pun bersiap melakukan penyesuaian pembatasan kegiatan masyarakat sembari menanti keputusan dan aturan tertulis dari pusat.

Pertumbuhan kasus positif harian di DIY memang mengalami peningkatan tajam dalam 10 hari ke belakang. Kini kasus aktif tercatat lebih dari 1.600 dengan rerata harian mencapai 200-an kasus.

Sekda DIY, Kadarmanta Baskara Aji, mengatakan pihaknya akan menaati ketentuan pemerintah pusat termasuk konsekuensi kenaikan status Level 3 PPKM. Pemda menanti aturan apakah muncul pembeda saat penanganan varian Delta dengan Omicron.

“Kami belum terima instruksi tapi kalau intinya diputuskan kementrian kita harus ikuti. Apa ketentuannya dan mana yang harus ada kearifan lokal terhadap ketentuan itu. Kita pelajari ketentuannya karena biasanya Delta sekarang Omicron. Kita pelajari apakah level 3 Omicron ini sama tidak seperti Delta,” ungkap Baskara Aji.

Menurut Baskara Aji, apabila kebijakan PPKM Level 3 sama dengan sebelumnya, maka Pemda meminta kabupaten/kota untuk melakukan pembatasan mobilitas masyarakat, termasuk kawasan wisata. Pengelola wisata diminta membatasi kapasitas destinasi hingga 50 persen dengan protokol kesehatan (prokes) ketat.

“Pemda juga memperketat titik-titik perbatasan di DIY dengan pemaksimalan Pedulilindungu bagi wisatawan dan warga yang keluar masuk DIY. Isoter yang sekarang dipakai untuk reguler juga kita siapkan lagi bila kenaikan kasus signifikan,” tandas dia.

Selain itu, Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pun dievaluasi secara terus-menerus, di mana saat ini dilaksanakan 50 persen. Rumah ibadah pun akan kembali dibatasi kapasitasnya sesuai ketentuan yang diberlakukan pemerintah pusat.

“Kalau ada yang positif langsung ditutup sekolahnya beberapa hari. Kalau tidak ada yang positif, 50 persen,” pungkas Baskara Aji. (Fxh)

 

BERITA REKOMENDASI