DIY Makin Cakap Digital bersama Literasi Digital Netizen Fair 2021

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRjogja.com – Pelaksanaan hari kedua kegiatan Literasi Digital Netizen Fair 2021 yang digelar di Hotel Merapi-Merbabu Jalan Seturan Raya Depok Sleman, Rabu (24/11) sukses digelar. Ajang ini dihelat Kementerian Kominfo bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi. Siberkreasi adalah strategic plan Kominfo yang memiliki fungsi sebagai kepanjangan tangan dari Kominfo.

Pada hari kedua menghadirkan sejumlah narasumber yaitu Nina Ulfah N Gaffar (Praktisi Pariwisata dan Relawan Mafindo), Indah Wenerda SSn MA (Universitas Ahmad Dahlan, Japelidi) dan Anda Denayu (Key Opinion Leader) dengan dipandu moderator dipandu Santi Zaidan. Selanjutnya menghadirkan Sigit Widodo ST MSi (Internet Development Institute), Dr Bevaola Kusumasari MSi (Dosen Fisipol UGM), Djaka Dwiandi P ST, Jota Eko Hapsoro (Digital Risk Consultant Personal) dan Firman Putra Suaka.

Johnny G Plate, Menteri Komunikasi dan Informatika RI, dalam sambutannya secara daring dan disaksikan oleh para peserta mengatakan, pembatasan-pembatasan mobilitas fisik maupun sosial yang disebabkan pandemi Covid-19 mendorong kita sekalian untuk bermigrasi dan beraktivitas di ranah digital. “Saat ini terdapat sekitar 200 juta warganet di negara kita yang merupakan pengguna internet dan telah beraktivitas di ruang digital,” sebut Johnny. “Namun layaknya pisau bermata dua, ruang digital dan internet memiliki sisi postif dan sisi negatif,” tegasnya. Ia memaparkan, seiring dengan kemudahan interaksi dan komunikasi yang ditawarkan oleh ruang digital, sisi gelap internet penyebaran berita bohong hingga konten radikal terorisme turut mengintai. Dengan demikian catatan dan peningkatan kompetensi melalui literasi digital bukan saja suatu kebutuhan namun juga keharusan untuk menciptakan ruang digital yang aman, nyaman, bersih, positif dan produktif.

Merespon hal tersebut, Kementerian Kominfo bersama GNLD Siberkreasi telah meluncurkan Program Literasi Digital Nasional pada Mei 2021 lalu. Program ini merupakan suatu inisiasi peningkatan kecakapan digital di level dasar yang bertujuan untuk dapat menjangkau setidaknya 12,5 juta masyarakat Indonesia pada 2021. Dengan tajuk “Makin Cakap Digital” program ini dilaksanakan secara masif di 514 kabupaten/kota pada 34 provinsi Indonesia.

Sebagai rangkaian dari berbagai kegiatan literasi digital yang telah dilaksanakan tersebut, maka di penghujung tahun 2021 ini, Kementerian Kominfo bersama seluruh mitra/jejaring melaksanakan puncak acara Literasi Digital Netizen Fair 2021, yang dilaksanakan secara serentak dan hybrid di berbagai Kota/Kabupaten selama dua hari pada tanggal 23-24 November 2021. Secara khusus di DIY terdapat berbagai diskusi interaktif yang mengacu pada empat pilar literasi digital, yakni Kecakapan Digital, Etika Digital, Keamanan Digital, serta Budaya Digital. Peserta menunjukkan antusiasme yang luar biasa terhadap materi dan pembahasan yang didiskusikan dalam kegiatan ini. Setelah pemaparan singkat terkait kecakapan digital, talkshow ini ditutup dengan sesi diskusi dan tanya jawab. Diskusi ini berlangsung interaktif antara peserta dengan narasumber. Kegiatan ini dipungkasi dengan penampilan dari penyanyi Vierzha yang menghibur para peserta.

Ke depan, Literasi Digital Netizen Fair 2021 akan berlangsung tiap tahun dan kegiatan literasi digital akan terus dilaksanakan di berbagai wilayah di Indonesia dalam berbagai format. Informasi lebih lanjut mengenai kegiatan literasi digital dapat diakses melalui info.literasidigital.id dan akun-akun media sosial Siberkreasi. (Sal)

BERITA REKOMENDASI