DIY Masuk Awal Musim Hujan, Masyarakat Waspada Bencana

YOGYA, KRJOGJA.com – Wilayah DIY bagian tengah dan utara saat ini sudah masuk awal musim hujan. Hal ini berdasarkan hasil monitoring Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta, yang menunjukkan di wilayah tersebut curah hujan sudah mencapai di atas 50 mm per dasarian.

Diprediksi jumlah curah hujan ini akan berlanjut hingga dasarian berikutnya. Sedangkan pada bagian tengah dan selatan DIY juga akan masuk awal musim hujan. Di awal awal musim hujan, umumnya curah hujan yang terjadi paling banyak berlangsung siang, sore hingga menjelang malam hari. Hujan yang terjadi bisa disertai petir dan angin kencang. ”Dibandingkan bulan lalu, pada November ini curah hujan akan lebih besar dengan intensitas dan frekuensi. Dan akan meningkat pada Desember nanti,” ujar Kepala Kelompok Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Sleman, Rabu (4/11).

Secara iklim, dijelaskan Etik, pada beberapa pekan pertama November hingga masuknya musim hujan di semua wilayah DIY, kondisi atmosfer masih dalam keadaan labil. Potensi hujan yang disertai petir dan angin kencang
juga masih akan berpotensi muncul di wilayah DIY. Hujan paling banyak terjadi tetap pada siang hingga sore dan menjelang malam hari.

BERITA REKOMENDASI