DIY Memasuki Musim Pancaroba

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Saat ini wilayah DIY sedang masuk musim pancaroba (peralihan) dari kemarau ke musim penghujan. Menyikapi kondisi tersebut alangkah baiknya apabila masyarakat selalu meningkatkan kewaspadaan.

Salah satu caranya dengan memangkas pohon yang dahannya sudah mulai lebat dan membersihkan saluran air. Dengan begitu saat terjadi hujan dengan intensitas lebat, kemungkinan terjadinya banjir bisa diantisipasi lebih awal.

Baca juga :

Tol dan Bandara Baru Modal DIY Pacu Pertumbuhan Ekonomi
RSUP Dr Sardjito Raih Penghargaan 'Green Hospital'

”Saat musim pancaroba seperti sekarang, kami minta masyarakat tetap waspada. Bentuk kewaspadaan itu bisa diwujudkan dengan memangkas pohon yang dahannya lebat, membersihkan sampah sampai mengontrol saluran air hujan. Dengan demikian terjadinya banjir dan tanah longsor bisa diantisipasi sejak awal,” kata Wakil Gubernur DIY Sri Paduka Paku Alam X.

Komentar senada diungkapkan, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY Biwara Yuswantana. Menurutnya, berdasarkan pengalaman, saat musim pancaroba (peralihan), sering terjadi hujan deras disertai angin dengan durasi singkat.

Menyikapi kondisi tersebut, alangkah baiknya apabila masyarakat mewaspadai adanya ancaman bencana yang kemungkinan terjadi saat musim pancaroba. Di antaranya dengan memangkas dahan yang mulai lebat dan membersihkan saluran air. Dengan begitu adanya banjir maupun pohon tumbang, akibat hujan disertai angin kencang bisa diantisipasi sejak awal.

”Biasanya saat musim pancaroba terjadi hujan lebat dengan durasi singkat yang disertai angin kencang. Mesti hujan tersebut sifatnya lokal, masyarakat sebaiknya tetap meningkatkan kewaspadaan. Khususnya bagi mereka yang tinggal di sekitar bantaran sungai atau daerah perbukitan,” ungkap Biwara. (Ria)

BERITA REKOMENDASI