DIY Perpanjang PPKM Hingga 5 April, Kampus dan Pertunjukan Dibuka Terbatas

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Pemerintah pusat resmi memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro sampai tanggal 5 April mendatang. DIY pun mengikuti langkah tersebut namun dengan beberapa penyesuaian seperti mulai diperbolehkannya pembelajaran tatap muka secara terbatas.

Sekda DIY, Kadarmanta Baskara Aji mengatakan PPKM akan diperpanjang selama dua minggu hingga 5 April. Namun, Pemda DIY akan memberlakukan tambahan aturan yakni terkait perijinan pembelajaran tatap muka untuk mahasiswa di perguruan tinggi.

“Pada prinsipnya sama dengan yang kemarin yang ditambahkan adalah boleh ada pembelajaran tatap muka. Tetap ini khusus untuk mahasiswa dan bersifat terbatas,” ungkapnya pada wartawan, Kamis (18/3/2021).

Di sisi lain, pertunjukkan seni budaya juga mulai bisa dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan. Kapasitas maksimal 25 persen untuk penonton diberlakukan dan diperbolehkan untuk dilaksanakan.

“Kemudian, pertunjukan-pertunjukan seni budaya itu boleh dilaksanakan dengan protokol kesehatan. Seperti jumlah penonton maksimal 25 persen dari kapasitas,” sambung dia.

DIY berharap, pemberlakuan perpanjangan PPKM bisa terus menekan kasus positif. Saat ini kasus harian di DIY masih terhitung fluktuatif, misalnya seperti Kamis (18/3/2021) hari ini tercatat 257 kasus sementara Rabu (17/3/2021) kemarin 270 kasus. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI