DIY Perpanjang Tanggap Darurat Sampai 31 Juli

Editor: Ivan Aditya

Meski begitu di sisi lain pemda mempertimbangkan berbagai hal untuk mempersiapkan normal baru. Tim verifikasi dari berbagai sektor dikerahkan untuk memeriksa kesiapan sektor perekonomian seperti hotel, pusat perbelanjaan dan objek wisata.

“Di satu sisi perkembangan kasus masih membutuhkan penanganan yang intensif dan juga dampak-dampak sosial ekonomi memerlukan dukungan anggaran dan sebagainya. Dengan status tanggap darurat ini dukungan itu bisa dilanjutkan. Tapi di sisi lain proses ke arah pembukaan aktivitas ekonomi masih dipersiapkan dari berbagai hal,” ungkapnya lagi.

Pemda bersama Pemkab/Pemkot se-DIY disebut Biwara juga menyepakati untuk melaksanakan swab massal sebagai upaya memetakan kondisi riil di lapangan. Pasalnya, sampai saat ini masih banyak masyarakat yang kurang disiplin dalam gaya hidup khususnya saat berada di ruang publik tanpa masker.

“Untuk penanganan kasus akan dilakukan pemeriksaan swab maupun rapid test lebih massif. Kabupaten/kota sudah sepakat dan sudah dimulai swab massal untuk memetakan kondisi yang sesungguhnya di lapangan. Langkah-langkah lebih cermat, tepat, intensif bisa dilakukan,” tandas dia. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI