DIY Raih Opini WTP Sepuluh Kali Berturut-turut

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) DIY Tahun Anggaran 2019. Dengan demikian, Pemerintah Daerah (Pemda) DIY berhasil mempertahankan opini WTP sepuluh kali berturut-turut sejak 2010 lalu.

Opini WTP tersebut tertuang Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK atas LKPD TA 2019, yang diserahkan Staf Ahli BPK RI Novian Herodwijanto mewakili Anggota V BPK RI, dalam Rapat Paripurna Istimewa secara daring DPRD DIY, Selasa (21/04/2020). Gubernur DIY, Sri Sultan HB X secara langsung hadir di Ruang Paripurna DPRD DIY sementara anggota dewan mengikuti paripurna secara daring dari kediaman masing-masing.

Novian pun mengatakan agar prestasi DIY bisa mendorong terciptanya akuntabilitas dan transparansi yang terus dipertahankan kedepan. “Prestasi ini menjadi momentum untuk lebih mendorong terciptanya akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan daerah, sehingga akan menjadi kebanggaan bersama yang patut dipertahankan,” terang Novian.

Sementara Gubernur DIY Sri Sultan HB X mengapresiasi BPK yang bukan sekadar berperan sebagaimana layaknya penyidik yang mencari kesalahan namun justru bisa memposisikan sebagai mitra navigasi pemerintahan. BPK menurut Sultan bisa sebagai fasilitator dan mitra kerja terutama saat mendampingi proses pembelajaran dan implementasi good governance di DIY.

“Prestasi yang dicapai itu adalah hasil orkestrasi kerja kolektivitas kita. Harapannya ini bukan sekadar penghargaan belaka, melainkan pertanda bahwa proses pembangunan daerah selama ini sudah berjalan sebagaimana prinsip-prinsip akuntabilitas yang sudah digariskan,” tandas Sultan. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI