DIY Rekor Positif Covid-19, Sehari Tambah 189 Kasus

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Rekor kasus positif harian DIY kembali terjadi yakni 189 orang, Kamis (3/12/2020). Kasus positif aktif DIY pun kini mencapai 1.663 orang berdasar data dari gugus penanganan Covid-19 DIY bidang kesehatan.

Juru bicara gugus penanganan Covid-19 DIY bidang kesehatan, Berty Murtiningsih dalam data harian yang disampaikan menyebut mayoritas kasus positif merupakan skrining dari kasus sebelumnya. Kasus positif hari ini didominasi dari Kabupaten Sleman sebanyak 107 orang, Kota Yogyakarta 41, Bantul 26, Gunungkidul 9 dan Kulonprogo 6.

“Kasus sembuh kumulatif sampai hari ini tercatat 4.573 sehingga kasus aktif di DIY 1.663 pasien. Kasus meninggal dunia tercatat 148 sampai saat ini,” ungkap Berty.

Dari data Pemda DIY, saat ini tempat tidur kritikal dengan ventilator tersisa 29 dari total ketersediaan 62. Untuk tempat tidur non kritikal tersisa 95 dari total 492. Dengan catatan tersebut, para pasien cukup banyak yang melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing karena kasus aktif DIY tercatat 1663.

Sebelumnya Kepala Dinas Kesehatan DIY, Pembajun Setyaningastutie meminta masyarakat untuk menaati protokol kesehatan dalam kegiatan yang dilakukan. Penularan Covid masih terus terjadi hingga saat ini, pun vaksin yang belum pasti kapan bisa disuntikkan pada masyarakat sehat. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI