DIY Siapkan 35 Destinasi Wisata Jelang New Normal

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Industri pariwisata memberikan kontribusi yang besar bagi roda perekonomian di Yogyakarta. Bahkan pada 2019, pariwisata mampu memberikan kontribusi perekonomian DIY sebesar Rp 10,2 triliun serta 64,6 persen dari PDRB.

“Pada 2019, DIY mampu mendatangkan sekitar 6,1 juta wisatawan domestik serta sekitar 500 ribu wisatawan mancanegara,” tutur Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo dalam webinar ‘Kesiapan Pariwisata DIY di Era New Normal’ yang dipandu moderator Pemred SKH Kedaukatan Rakyat H Octo Lampito MPd, Jumat (10/7).

Kepala Kanwil BI DIY Hilman Tisnawan menjelaskan, sektor pariwisata sangat mempengaruhi beragam sektor lain di Yogyakarta. Sehingga ketika pariwisata turun, semua juga akan ikut turun. Pariwisata adalah mesin penggerak ekonomi DIY, karea itu harus diperhatikan serius.

Karena itu saat adanya Covid-19 ini, sangat terasa sekali. Sehingga perlu adanya perhatian pemerintah agar pariwisata kembali bergerak untuk menjalankan roda ekonomi. “Sinergitas semua stakeholder pariwisata sangat diperlukan untuk kembali memajukan pariwisata di DIY. Tentunya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang wajib dijalankan,” jelasnya.

Turut berbicara Ketua Badan Promosi Pariwisata DIY GKR Bendara, Pusat Studi Pariwisata UGM Prof J Damanik, Bank Indonesia Kanwil DIY Hilman Tisnawan serta BPD PHRI DIY Deddy Pranowo. Selain itu juga ikut bergabung dalam seminar daring tersebut perwakilan Dinas Pariwisata Kabupaten/Kota DIY, Direkur Badan Otorita Borobudur, GM Angkasa Pura serta pejabat lain yang terkait stakeholder pariwisata di DIY dan Jawa Tengah.

BERITA REKOMENDASI