DIY Siapkan Rp 1,3 M untuk Lansia Miskin

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Dinas Sosial (Dinsos) DIY mengajukan anggaran Rp 1,3 miliar untuk bantuan langsung bagi warga lanjut usia (lansia) miskin dan telantar di DIY. Komisi D DPRD DIY menyepakati alokasi anggaran tersebut dalam rapat pembahasan Rencana Kerja Anggaran APBD Tahun Anggaran 2019, Senin (08/10/2018).

”Kami menyepakati anggaran yang diajukan Dinsos DIY. Masih banyak lansia di DIY yang telantar, kondisi itu harus diatasi. Karena lansia tidak memungkinkan untuk produktif maka bentuk bantuan disesuaikan kebutuhan. Bisa dalam bentuk bantuan tunai atau bantuan barang serta bahan makanan sesuai kebutuhan seharihari,” jelas Ketua Komisi D DPRD DIY Koeswanto.

Menurut anggota Komisi D DPRD DIY Nur Sasmito, bantuan itu bertujuan agar lansia telantar bisa tercukupi kebutuhan dasarnya. ”Anggaran tersebut akan dialokasikan antara lain untuk membantu jaminan sosial bagi 500 lansia, bantuan pemakaman bagi 60 lansia telantar, bedah kamar bagi 10 lansia serta fasilitas home care bagi 600 lansia di DIY,” ujarnya.

Koeswanto menambahkan, pihaknya menyadari anggaran Rp 1,3 miliar relatif minim untuk mencukupi kebutuhan dasar para lansia miskin dan telantar di DIY. Karena itu Dewan mengharapkan Pemerintah Kabupaten/Kota juga ikut turn tangan mendukung program tersebut.

”Kami harapkan Pemerintah Kabupaten/Kota bisa berkomunikasi dan duduk satu meja dengan Pemda DIY. Dengan komunikasi yang baik maka bisa dibagi kewenangan dalam menyalurkan bantuan untuk lansia telantar yang belum ter-cover,” jelas Koeswanto. (Bro)

BERITA REKOMENDASI