DIY Tak akan Impor Daging Kerbau

Editor: Ivan Aditya

YOGYA (KRjogja.com) – Dinas Pertanian DIY menegaskan tak tertarik mengimpor daging kerbau dari India seperti yang diwacanakan pemerintah pusat beberapa waktu lalu. Hal tersebut dikarenakan kebiasaan masyarakat DIY yang tak mengkonsumsi daging tersebut.

Kepala Dinas Pertanian DIY, Sasongko saat ditemui di Kompleks Kepatihan Selasa (09/08/2016) mengatakan pihaknya tak berminat mendatangkan daging kerbau ke Yogyakarta. Menurut dia, animo masyarakat atas wacana daging kerbau cenderung tidak banyak.

"Masyarakat DIY ini tak terbiasa makan daging kerbau jadi memang sampai saat ini belum ada minat untuk mendatangkan ke Yogyakarta. Animo masyarakat kita lihat juga tidak banyak," ungkapnya.

Ditambahkan Sasongko, masyarakat DIY cenderung mengkonsumsi daging sapi segar. "Daging sapi impor pun minat masyarakat rendah, apalagi kerbau," lanjutnya.

Untuk konsumsi masyarakat terlebih menjelang hari raya Idul Adha bulan September nanti, Dinas Pertanian mencatat stok sapi DIY dalam keadaan aman. "Biasanya pada kurban kebutuhan sapi mencapai 18-20 ribu ekor dan stok saat ini 60 ribu ekor, jadi memang masih surplus dan siap," pungkasnya.

Sebelumnya muncul wacana impor daging kerbau dari India utuk menekan harga sapi yang masih melambung hingga saat ini. Banyak pihak yang menyambut positif namun tidak sedikit yang menyangsikan hal tersebut berdampak besar. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI