DIY Tak Perlu Ajukan PSBB

Editor: Ivan Aditya

6YOGYA, KRJOGJA.com – Beberapa wilayah di tanah air ramai-ramai mengajukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) kepada pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes). PSBB dinilai efektif untuk memutus rantai penyebaran Virus Corona terutama di wilayah-wilayah yang masuk dalam zona merah. Pembatasan ini juga dianggap lebih meminimalisir konsekuensi yang harus ditanggung pemerintah maupun masyarakat dibandingkan pemberlakuan ‘lockdown’.

Anggota Komisi VI DPR RI, Subardi mengatakan PSBB bertujuan untuk menertibkan masyarakat dalam upaya menghentikan penyebaran Covid-19. Daerah tidak bisa meberlakukan sendiri PSBB tanpa adanya pengajuan dan penetapan dari Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto.

“Masyarakat harus mematuhi dan melaksanakan segala yang diatur dalam PSBB. Kemenkes memiliki kriteria sendiri untuk meberlakukan PSBB di suatu daerah,” ungkapnya disela pemberian bantuan paket kesehatan kepada para penarik becak di Jalan AM Sangaji Yogyakarta, Jumat (17/04/2020).

Untuk di wilayah DIY, PSBB menurut Subardi tak perlu diberlakukan. Masyarakat DIY dinilainya selama ini tergolong cukup patuh dan memiliki kesadaran untuk memproteksi diri dari ancaman wabah Corona.

“Yogya memiliki Gubernur sekaligus Raja yang sangat dipatuhi oleh rakyatnya. Dengan imbauan dan sabda dari Ngarso Dalem itu cukup, tidak perlu PSBB,” tambahnya.

Disinggung mengenai tak adanya pemberian THR bagi anggota dewan pada tahun ini, hal tersebut tak jadi masalah baginya. Menurut Subardi, sebagai anggota dewan harus memiliki kepekaan yang tinggi terlebih lagi negara sedang ditimpa musibah seperti saat ini.

“Tidak masalah (tidak dapat THR), memang saat paripurna telah diputuskan. Bahkan sejak bulan Maret hingga April ini gaji dipotong 50 persen untuk membantu penanganan Corona,” ungkapnya.

Pemerintah menurut Subardi sudah mengeluarkan stimulus Rp 405 triliun untuk penanganan Corona. Dari jumlah itu, Rp 110 triliun diantaranya diberikan secara tunai untuk kesehatan dan program jaring pengaman sosial.

Namun itu semua menurut Ketua DPW NasDem DIY ini tak ada artinya jika masyarakat tak meningkatkan solidaritas terhadap sesama. Covid-19 tidak bakalan bisa diselesaikan sendiri, tetapi harus dihadapi secara bersama-sama untuk menyelesaikannya. (*)

BERITA REKOMENDASI