DIY Target Tembus 9 Besar Popnas 2019

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – DIY mentargetkan kembali meraih peringkat ke-9 besar nasional dalam Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) 2019. Saat ini para atlet pelajar se-DIY yang telah lolos seleksi, tengah dipersiapkan oleh para pelatih, sehingga diharapkan mereka siap bertanding.

 

Pelaksanaan POPNAS akan digelar 10-18 Oktober, namun beberapa cabang sudah bertanding sebelumnya. "Pelaksaan POPNAS ini memang bersamaan dengan PORDA DIY 2019. Namun beberapa cabang PORDA yang atletnya bertanding di POPNAS, pelaksanaannya dimajukan," ujar Kepala Badan Pemuda dan Olahraga (BPO) DIY, Drs Eka Heru Prasetya kepada KR, Senin (8/7/2019).

Menurut Eka, dalam POPNAS lalu DIY memperoleh 9 medali emas, yang diperoleh dari cabang panahan (5 emas) dan volly pantai putra dan putri (2 emas). Diharapkan kedua cabang ini bisa kembali mendulang emas dalam jumlah yang sama, bahkan berpeluang meningkat.

"Kami berharap cabang-cabang yang lain juga dapat memberikan kontribusi dalam perolehan medali emas," ujar Eka.

Jika dua tahun lalu, atletik belum berhasil membawa pulang emas, maka untuk tahun ini, diharapkan cabang ini jadi andalan.  Salah satu atletnya, Mutiara Oktarani Nurul Al Pasha berpotensi membawa pulang 2 emas, dari nomor 1.500 meter dan 5.000 meter.

Diharapkan atlet belia dan berbakat ini dalam kondisi prima, sehingga dapat mengharumkan nama DIY di pesta olahraga para pelajar tersebut."Kami berharap atlet atletik lainnya juga dapat membawa pulang medali. Demikian juga atlet dari cabang lainnya," ujar Eka.

 

Drs Eka Heru Prasetya

Mengenai penghargaan dan bonus bagi atlet yang meraih medali, Eka menjelaskan, sudah menjadi tradisi setiap pelajar yang meraih prestasi di tingkat nasional sampai internasional mendapat penghargaan dari Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X dan bonus sebagai pembinaan, yang biasanya diberikan di akhir tahun. Pemberiaan penghargaan disampaikan bersamaan dengan pelajar lain yang meraih prestasi, tidak hanya di bidang olahraga, tetapi seni, sains, riset dan bidang lainnya. (Jon)

 

 

BERITA REKOMENDASI