Doa Bersama Jelang Imlek untuk Keselamatan

YOGYA, KRJOGJA.com – Dua hari menjelang Tahun Baru Imlek 2571 yang berada di bawah Shio Tikus,  TITD Tjen Ling Kiong, Klenteng Poncowinatan Yogya menggelar doa bersama, Kamis (23/1/2020) siang. Doa bersama dipanjatkan untuk tahun yang lebih baik dikarunia keselamatan, kesehatan, kesuksesan,  dan rejeki melimpah. Seperti Tikus yang selalu berada di dekat makanan. 

"Bukan tikus yang diartikan korupsi,  dalam tradisi Tionghoa, tikus yang banyak makanan bermakna rezeki melimpah," ucap pemuka Konghucu, WS Adjie Chandra dari MAKIN Solo sesaat sebelum memimpin doa bersama.

Menariknya doa bersama ini selain diikuti umat Tri Dharma (Budha,  Konghucu, Tao) juga didukung Warga Tionghoa dan warga Non Tionghoa dari berbagai latar belakang sosial, suku, agama. "Selain Tempat Ibadat Tri Dharma (TITD), Klenteng Poncowinatan adalah milik kita bersama,  sebagai tempat berkumpul, berkegiatan sosial, seni, budaya," tutur Pemerhati Peninggalan Sejarah dan Budaya Yogya, Fantoni. Dia menyebutkan di usia lebih dari 137 tahun Klenteng Poncowinatan menjadi aset yang harus terus dipelihara.

Demikian pula Aryanto Tirtowinoto, menyebutkan Yayasan Bhakti Loka sebagai organisasi sosial dalam kiprah klenteng di Yogya tengah menyusun kepengurusan. "Kiprah Klenteng lintas agama,  pengurus dari mereka yang peduli sosial dan budaya," ucapnya.

Dalam doa bersama ini, tokoh Tionghoa yang juga  pengusaha sukses Tjia Eddy Sutanto dan Djawadi kepada KR menyatakan harapan di Tahun Tikus (2571/2020) yang utama diberikan kesehatan. "Dengan kesehatan kita bisa bekerja dengan baik," tegas Eddy.

Sedang Djawadi berharap persatuan dan kesatuan NKRI bisa terus terjaga.  "Dalam suasana kondusif, aman tanpa perpecahan sangat mendukung dunia usaha," ujarnya tersenyum. 

Usai sembahyangan bersama dilakukan pemotongan tumpeng, dilanjutkan makan bersama. dengan menu khas Imlek, Lontong Cap Go Meh dalam suasana kekeluargaan. Selanjutnya pada malam pergantian tahun, Jumat (24/1/2020) malam ini di Klenteng Fuk Ling Miau Gondomanan  juga akan digelar Doa Bersama dengan kemeriahan nyala ribuan lilin. (R-4)

BERITA REKOMENDASI