Dorong Vaksin Lansia, Pemda DIY Lakukan Kolaborasi Hingga Jemput Bola

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRjogja.com – Pemda DIY senantiasa berupaya melakukan akselerasi atau percepatan program vaksinasi Covid-19 tahap kedua dengan sasaran khusus bagi warga lanjut usia (lansia) selaku kelompok prioritas di DIY. Program vaksinasi Covid-19 yang tengah berjalan tersebut akan cepat terselesaikan dan terakselerasi dengan adanya kolaborasi dengan berbagai pihak.

Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji mengatakan Pemda DIY siap berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk melakukan percepatan vaksinasi Covid-19 di DIY. Adapun tiga kelompok sasaran yang menjadi prioritas vaksinasi Covid-19 yaitu lansia, guru dan pelaku pariwisata yang akan digelar tersebar di kabupaten/kota se-DIY pada pekan terakhir April 2021.

“Saya berharap adanya kolaborasi dengan berbagai pihak tersebut tidak hanya berjalan sekali dua kali, namun dapat berlanjut secara berkesinambungan sehingga pelaksanaan program vaksinasi Covid-19 bisa segera diselesaikan. Kami akan berkolaborasi pelaksanaan program vaksinasi dengan PT Trinusa Travelindo (Traveloka) yang concern dalam upaya peningkatan kesehatan masyarakat DIY dalam waktu dekat ini,” tuturnya di Komplek Kepatihan, Kamis (15/4).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DIY Pembajun Setyaningastutie mengaku menyambut baik upaya kolaborasi pelaksanaan percepatan program vaksinasi Covid-19 di DIY. Mengingat pelaksanaan vaksinasi dengan sasaran lansia baru di angka 60 persen di DIY maka sesuai dengan arahan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pelaksanaan vaksinasi bagi kelompok lansia harus didahulukan dan dipercepat. Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 secara kolaboratif ini membutuhkan koordinasi lebih lanjut guna membahas soal data, akomodasi, logistik dan sebagainya.

BERITA REKOMENDASI