Dosen FISIP UPN Veteran Yogya Masuk 5000 Peneliti Top Indonesia

Editor: Agus Sigit

SLEMAN, KRJOGJA.com – Dosen Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) UPN Veteran Yogyakarta, Puji Lestari terpilih menjadi satu di antara 5000 ilmuan teratas versi Alper-Doger (AD) Scientific Index tahun 2022. Puji memang dikenal begitu aktif dalam menelurkan penelitian di mana tak kurang 15 judul yang dibuatnya dalam 12 tahun terakhir mendapat dana hibah dari pemerintah.

AD Scientific Index merupakan sistem perangkingan dan sistem analisis berdasarkan performa ilmiah dan nilai tambah dari produktivitas ilmiah peneliti individu. AD Scientific Index juga memberikan perangkingan institusi berdasarkan karakteristik-karakteristik ilmiah atau peneliti dalam suatu afiliasi.

Sumber data dari AD Scientific Index adalah Google Scholar dengan atribut-atribut seperti, total h-index, i10 index dan sitasi. Untuk masuk dalam penilaian maka peneliti minimal memiliki 300 sitasi, misalnya ada peneliti yang mendapatkan h-index = 1 dengan 300 sitasi akan dimasukan sedangkan peneliti lain dengan h-index 5 dan 30 sitasi atau h index 10 dengan 100 sitasi akan dieksklusi.

Puji yang juga Dewan Pakar Asosiasi Penerbit Jurnal Ilmu Komunikasi (APJIKI) Indonesia mengatakan, raihan tersebut menjadi penyemangat dalam berkarya ke depan. Bagi Puji, menghasilkan penelitian yang membawa manfaat pada sesama adalah tujuan utama seluruh pengabdiannya di bidang ilmu komunikasi selama ini.

“Kami sangat berterimakasih kepada teman-teman yang menyitasi artikel kami. Ini penyemangat kami dalam berkarya ke depan,” ungkapnya ketika berbincang, Jumat (28/1/2022).

Puji sendiri menjadi satu-satunya dosen FISIP UPN Veteran Yogyakarta yang masuk dalam 5000 ilmuan teratas versi Alper-Doger (AD) Scientific Index tahun 2022. “Mudah-mudahan bisa menginspirasi dan menyemangati teman-teman dosen lain untuk terus berkarya,” pungkas dia. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI