Dosen Komunikasi UPN Veteran Terbitkan Buku Metode Penelitian Komunikasi

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Dosen Program Studi Magister Ilmu Komunikasi UPN “Veteran” Yogyakarta yang juga Dewan Pakar ASPIKOM, Dr Puji Lestari menerbitkan buku berjudul Metode Penelitian Komunikasi (Kuantitatif, Kualitatif dan Cara Mudah Menulis Artikel pada Jurnal Internasional), Rabu (13/10/2021). Buku setebal 700 halaman tersebut merupakan kolaborasi bersama guru besar UNY, Prof Dr Sugiyono.

Peluncuran buku dilaksanakan secara virtual, dalam kemasan diskusi. Puji Lestari mengungkapkan bahwa ia berusaha terus merangsang peneliti tanah air untuk membuat artikel pada jurnal-jurnal internasional.

Harapannya semakin banyak jurnal civitas akademika yang bisa dipublikasikan dalam laman-laman jurnal berkualitas yang terakreditasi di tingkat dunia. “Perlu ada konstruksi wacana sehingga peristiwa dapat dijelaskan melalui analisis wacana dengan ebrbagai pendekatan teori,” ungkapnya.

Dalam buku ini, Puji Lestari menjabarkan panduan dan langkah dalam proses penelitian kuantitatif dan kualitatif. Ia berharap pembaca atau peneliti memahami secara mendalam konsep-konsep dasar pemahaman penelitian komunikasi.

“Saya terus mendorong, karena penelitian seharusnya tidak hanya ditumpuk di perpustakaan namun perlu dipublikasikan ke publik. Sekarang ada fenomena apa gunanya penelitian kalau tidak dipublikasikan, harus dipublikasikan di jurnal ilmiah, jangan sampai sia-sia. Pengembangan ilmu tidak hanya penelitian tetapi dari publikasi hasil,” sambung dia.

Dalam kesempatan tersebut, Puji juga berbagi kiat menulis jurnal yang efektif. Menurut dia, peneliti harus mengasah kecermatan dengan memperhatikan substansi artikel begitu pula metode penelitian dituliskan secara rinci.

“Hasil penelitian dan temuan harus dibahas secara tajam melalui teori atau konsep yang dijelaskan sebelumnya. Hasil penelitian dan temuan harus dapat menyelesaikan masalah serta menemukan hal yang baru. Simpulan harus menjawab tujuan,” pungkas dia. (Fxh)

UPN

BERITA REKOMENDASI