Dosen UMY Melakukan Pendampingan Penerapan SISKIMAS di BMT GEMI

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Untuk meningkatkan layanan pada anggota koperasi syariah, Dosen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengadakan pendampingan penerapan system informasi kinerja berbasis maqasid syariah yang diadakan di BMT Gerakan Ekonomi Kaum Ibu Gemi Yogyakarta. Program Pengabdian Masyarakat tersebut dilaksanakan oleh Rizal Yaya SE MSc PhD Ak CA yang mengusul tema ‘Peningkatan Layanan Pada Anggota Koperasi Syariah Gerakan Ekonomi Kaum Ibu Dengan Penerapan SistemInformasi Kinerja Berbasis Maqasid Syariah (SISKIMAS) BMT.

Pada hari Senin (07/09/2020), Rizal Yaya melakukan pertemuan kembali dengan perwakilan BMT Gemi guna mencari kendala-kendala yang dialami pada saat penerapan SISKIMAS. Rizal Yaya, Ketua Pengabdian Masyarakat menyatakan kegiatan pendampingan ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja BMT Gemi dalam pengambilan keputusan kinerja karayawan baik individu maupun unit kerja.

“Kegiatan pendampingan ini dilakukan untuk memudahkan pengambilan keputusan dengan mengkolaborasi 5 aspek lembaga keuanganan syariah berbasis maqasid syariah kemudian didukung dengan data yang akurat dari karyawan baik yang bersifat data individu maupun unit kerja. Sehingga, dapat memperkuat karakter keislaman lembaga maupun meningkatkan kinerja BMT,” paparnya.

BMT Gemi memberikan pesan yang positif terhadap program pengabdian masyarakat ini. Ketua Koperasi Gemi, Ekantini Puji Basuki menyatakan sebelum adanya kegiatan pengabdian masyarakat ini, BMT Gemi mengalami beberapa kendala dalam menilai kinerja karyawan anatara lain keterlambatan untuk mengevaluasi kinerja karyawan BMT dan sulitnya membuat database yang lebih komprehensif pada kinerja karyawan.

Padaakhirnya, Program Pengabdian masyarakat ini dapat membantu dalam pengambilan keputusan yang akurat. “Sangat membantu kinerja kami karena lebih mempunyai database yang komprehensif yang lengkap pada kinerja individu seperti aktivitas-aktivitas agamanya dan aktivitas-aktivitas lainnya yang mendukung kinerja” paparnya.

Program pengabdian masyarakat ini berlangsungselama 2 bulan dan sudah pada tahap akhir yaitu pemberian aplikasi serta terintegrasi ke dalam website. Rizal Yaya berharap dengan diadakannya kegiatan ini BMT Gemi bias semakin sukses, menjalakan programnya secara berkesinambungan dan dapat terus berkontribusi kepada umat ataupun masyarakat. (*)

UMY

BERITA REKOMENDASI