DPPM DIY Gencar Sosialisasi SiCantik Cloud

Editor: Agus Sigit

YOGYA (KR) – Dinas Perizinan dan Penanaman Modal (DPPM) DIY telah merampungkan pengembangan aplikasi Cerdas Layanan Perizinan Terintegrasi untuk Publik berbasis sistem atau SiCantik Cloud. Untuk itu, pihaknya kini tengah gencar melakukan sosialisasi SiCantik Cloud kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis di DIY agar kinerja pelayanan publiknya lebih efektif, efisien, transparan dan akuntabel.

Sekretaris DPPM DIY Sunu Siswanta mengatakan SiCantik Cloud merupakan aplikasi berbasis web yang menangani proses perizinan, mulai dari tahap permohonan sampai dengan penerbitan dokumen. Aplikasi Si Cantik Cloud ini bertujuan agar kinerja proses perizinan yang ditangani Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis lebih efektif, efisien, transparan dan akuntabel.

” Kami sudah merampungkan pengembangan aplikasi SiCantik Cloud ini saat ini. Untuk itu, kini kami fokus mengadakan sosialisasi SiCantik kepada OPD teknis demi menyebarluaskan informasi serta menambah pemahaman personel OPD teknis. Sebab merekalah yang akan terlibat dalam pelayanan perizinan melalui aplikasi SiCantik ini,” ujarnya di Yogyakarta, Selasa (2/11).

Kepala Bidang Pengaduan dan Kemudahan Berusaha DPPM DIY Nuri Achadiyanti menyampaikan sudah ada 73 jenis izin yang dilayani dalam aplikasi SiCantik Cloud tersebut. Dengan disahkannya Undang Undang (UU) Cipta Kerja dan PP 5 Tahun 2021 tentang Perizinan Berusaha Berbasis Risiko telah membawa implikasi terhadap proses pemberian layanan perizinan. Beberapa penyesuaian harus dilakukan terutama dikarenakan implementasi Online Single Submission Risk Based Approach (OSS-RBA)

” SiCantik Cloud adalah sistem pelayanan perizinan yang akan melayani perizinan non OSS. Pelayanan perizinan di era UU Cipta Kerja memang mengharuskan semua bergerak cepat, izin dapat diproses dengan cepat, mudah dan transparan,” tegasnya.

Nuri menyatakan akuntabilitas pelayanan perizinan inilah yang juga merupakan hal yang akan diperkuat dengan hadirnya aplikasi SiCantik Cloud. Semua proses akan dilakukan by sistem, mengurangi potensi tatap muka sehingga praktik-praktik seperti pungutan liar (pungli) dapat diminimalisir. Sehingga diharapkan aplikasi ini dapat mempermudah masyarakat dalam mengurus perizinan, tidak lagi rumit dan berbelit.

” Kami berharap semua pihak dapat tetap memberikan dukungan sehingga semua dapat berjalan dengan baik sesuai dengan prosedur yang ada. Aplikasi SiCantik Cloud ini akan terus berproses dikembangkan dan disempurnakan sehingga semakin user-friendly baik bagi pemohon izin maupun petugas pelayanan yang terlibat sebagai admin,” tuturnya.

Selain terus berupaya meningkatkan layanan aplikasi perizinan online tersebut, DPPM DIY tetap memberikan pelayanan secara manual dengan memberikan pendampingan kepada para pemohon izin yang kurang melek teknologi untuk menginput data maupun dokumen persyaratan yang dibutuhkan.” Dipastikan pendampingan kepada pemohon izin khususnya bagi yang belum melek teknologi terkait dengan penggunaan aplikasi ini akan terus dilakukan DPPM DIY,” imbuh Nuri. (Ira)

 

 

BERITA REKOMENDASI