DPR Minta Pemerintah Perhatikan Perusahaan Pers

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Pandemi Covid dirasakan berbagai lini usaha di Indonesia termasuk pers. DPR RI melalui Komisi I pun meminta pemerintah untuk memberikan perhatian serta bantuan pada perusahaan-perusahaan pers di Indonesia.

Anggota Komisi I DPR RI dari DIY, Sukamta mengatakan sisi informasi merupakan salah satu hal penting di masa pandemi. Namun, hampir seluruh perusahaan pers terdampak pandemi yang membuat mereka hampir tak bisa bergerak mempertahankan hidup.

“Pers memegang peran penting menyebarkan informasi yang kredibel, teverifikasi dan tidak hoax. Tapi kondisi sangat sulit untuk perusahaan pers di masa pandemi. Harapan kami pemerintah ikut membantu secara nyata mengingat pentingnya pers memberitakan berita yang kredibel di masa ini,” ungkap Sukamta, Senin (25/05/2020).

Pemerintah menurut Sukamta bisa memberikan relaksasi pajak maupun menjalin kerjasama terkait penyampaian program, kebijakan maupun aktivitas lainnya terkait Covid. Namun di sisi lain, Sukamta juga berharap pemerintah tak lantas mendikte pera agar tetap bisa menyampaikan kritik membangun untuk kemajuan bangsa.

“Bantuan ini bisa dilakukan dengan tetap memperhatikan ketaatan hukum dan kepatutan masyarakat. Namun, pers tetap harus kritis apabila melihat hal yang menang seharusnya dikritisi,” sambung wakil rakyat dari DIY ini.

Pada masa pandemi, Sukamta melihat pers mampu menjalankan peran pilar keempat demokrasi dengan baik. Pasalnya, banyak sekali informasi hoax yang menyebar melalui media sosial yang kemudian berhasil dikonfirmasi oleh media-media massa kredibel.

“Namun tetap harapannya pers di Indonesia bisa menyajikan berita yang lebih lengkap sehingga masyarakat bisa teredukasi secara lebih menyeluruh. Hal ini penting karena masyarakat betul-betul butuh guidance untuk bergerak menyikapi situasi,” pungkas Sukamta. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI