DPRD DIY Berharap Pembagian Set Top Box TV Digital Libatkan Masyarakat

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – DIY bakal mendapat bantuan sekitar 120 ribu Set Top Box (STB) untuk masyarakat tidak mampu sesuai data Program Keluarga Harapan (PKH) Kementrian Sosial. Pembagian nantinya diharapkan melibatkan masyarakat agar penerima tepat sasaran sesuai apa yang diamantkan pemerintah pusat.

Wakil Ketua DPRD DIY, Huda Tri Yudiana mengapresiasi program di bawah Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) terkait migrasi TV analog ke digital. Menurut dia, pembagian STB pada masyarakat miskin pun sangat baik, namun dengan catatan tepat sasaran.

“Kalau warga yang mampu kan TV-nya sudah bagus-bagus dan mungkin langsung bisa adaptasi ke TV digital. Kami di DPRD DIY mengapresiasi langkah pemerintah untuk memberikan bantuan STB pada masyarakat miskin,” ungkapnya pada KRjogja.com, Kamis (23/06/2022).

Huda berharap, dalam pembagian bantuan STB nanti, pemerintah hendaknya bekerjasama dengan masyarakat di tingkat terbawah seperti RT-RW atau dukuh. Pasalnya, merekalah yang mengerti situasi riil di lapangan termasuk punya tidaknya televisi di tiap rumah.

“Harapan saya, melibatkan struktur masyarakat setempat seperti RT/RW atau dukuh karena mereka yang mengerti kebutuhan warganya. Jangan hanya berdasar DTKS karena konteksnya lain. Jangan sampai saklek pake data by name by address standar bantuan sembako misalnya. Bisa jadi TV-nya sudah bagus atau sudah punya alat (STB)nya terus dikasih lagi jadi kurang manfaat,” sambung Huda.

Sebelumnya, Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika DIY, Ni Made Dwipanti Indrayanti mengatakan DIY akan menerima sekitar 120 ribuan STB yang diberikan gratis untuk masyarakat tidak mampu. Jumlah tersebut menurut Made masih angka awal sehingga sangat mungkin bertambah ke depan seturut hasil koordinasi dengan kementrian pusat.

“Dari pusat akan ada bantuan (STB) untuk PKH. Untuk DIY, akan diberikan sejumlah 120 ribuan untuk warga masyarakat. Ini masih angka awal, akan ada pertemuan lagi bersama pusat, juga permohonan data PKH-nya,” tandas Made. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI