DPRD DIY Harap PTKM Jawa-Bali Tak Diperpanjang

YOGYA, KRJOGJA.com – Pemda DIY mencatat penurunan angka positif harian 5 persen selama penerapan Pengetatan Terbatas Kegiatan Masyarakat (PTKM). Jumlah tersebut dirasa belum signifikan meski pengetatan hanya tinggal menyisakan 4 hari.

Sekda DIY, Kadarmanta Baskara Aji mengatakan belum mengambil keputusan terkait perpanjangan masa PTKM. Pihaknya masih akan menanti adanya progres penurunan kasus serta mempertimbangkan banyak hal lain sebelum mengambil keputusan.

Wakil Ketua DPRD DIY, Huda Tri Yudiana, menyampaikan harapan agar PTKM tidak diperpanjang. Huda berharap, ada keajaiban di akhir waktu PTKM berupa penurunan kasus hingga tidak ada perpanjangan.

“Kami sangat prihatin kalau ada perpanjangan PTKM, karena kondisi ekonomi masyarakat sudah sangat berat. Kita tunggu dulu, mudah-mudahan ada keajaiban nanti di tanggal 25 sehingga tidak diperpanjang,” ungkap Huda.

Namun begitu, Huda berharap DIY siap untuk keputusan terberat jika memang nantinya perpanjangan diterapkan. “Kalau harus diputuskan perpanjangan, kita harus siap. Kalau tren hanya seperti ini tidak signifikan, ya kita akan menghadapi masalah ini lama. Kalau lama ya sistem kesehatan harus disiapkan betul. Satu-satunya kita bisa lakukan kuatkan sistem kesehatan, agar ekonomi tetap bisa dijalankan secara terbatas dan rumah sakit tidak kolaps,” pungkas dia. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI