DPRD DIY Minta Data 169 Ribu Penerima Bansos DIY Dibuka

YOGYA, KRJOGJA.com – Komisi A DPRD DIY meminta Pemda untuk membuka data penerima bantuan sosial (bansos) DIY. Hal tersebut dimaksudkan agar bantuan benar-benar sampai pada masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 di DIY.

Ketua Komisi A, Eko Suwanto mendesak Pemda untuk membuka data penerima bansos yang jumlahnya sampai saat ini mencapai 169.383 Kepala Keluarga (KK). Menurut Eko, data yang terbuka sangat penting lantaran masyarakat terdampak pandemi ini memiliki sifat yang dinamis.

“Komisi A khawatir karena data yang digunakan Pemda itu bulan Januari 2020 lalu, maka ada perubahan karena warga terdampak Covid ini sifatnya dinamis. Sebagai contoh driver yang tak bisa kerja otomatis jadi pengangguran dan terdampak. Ada juga petugas parkir yang toko pada tutup jadi tak dapat pemasukan,” ungkap Eko usai rapat dengan gugus penanganan Covid-19 DIY, Rabu (13/5/2020).

Pemda DIY menurut Eko mengalokasikan bantuan tambahan bagi warga masyarakat penerima PKH dan Bantuan Pangan yang selama ini menerima besaran nominal kurang dari Rp 600 ribu. Warga akan mendapat bantuan senilai Rp 600 ribu selama tiga bulan yakni April, Mei dan Juni.

BERITA REKOMENDASI