DPRD DIY Usulkan ‘Mangkubumi’ Sebagai Nama Baru Bandara YIA

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Komisi D DPRD DIY mengunjungi Yogyakarta International Airport (YIA) Selasa (7/5/2019). Dewan memastikan serapan tenaga kerja di bandara baru tersebut sesuai dengan komitmen awal berasal dari wilayah Kulonprogo sesuai lokasi bandara tersebut. 

Ketua Komisi D DPRD DIY, Kuswanto kepada wartawan usai peninjauan mengatakan saat ini 70 persen dari tenaga kerja di YIA merupakan warga masyarakat Kulonprogo. Hal tersebut menurut dia sesuai kesepakatan awal bawasanya mayoritas tenaga kerja harus diserap dari wilayah Kulonprogo. 

“Kami wakil rakyat ingin monitoring dan ternyata tenaga kerja di YIA ini 70 persen berasal dari Kulonprogo dan sisanya sekitar DIY. Ini baru sementara dan nantinya harapannya bisa diteruskan dan menyerap lebih maksimal tenaga kerja lokal,” ungkapnya pada wartawan di DPRD DIY. 

Dalam kunjungan tersebut, Komisi D juga menyampaikan adanya harapan nama baru YIA yang lebih identik dengan Yogyakarta. Pasalnya, daerah-daerah lain di Indonesia memiliki bandara yang namannya identik dengan wilayah setempat. 

“Nama bandara memang kewenangan penuh di Gubernur, kalau mau diubah ya perlu dirembug lagi. Kami Komisi D ya harapannya namanya bisa yang ciri khas Yogya. Ya nama pahlawan lah apakah Mangkubumi atau bagaimana. Kami belum bicara di dewan secara formal tapi kami hanya punya wacana, nanti ditindaklanjuti tapi bisa sambil jalan,” tandas dia. 

Sementara terkait transportasi penunjang menuju YIA, DPRD DIY juga mengharapkan adanya percepatan fasilitas penunjang bandara. Pasalnya saat ini masih cukup sulit untuk menjangkau bandara yang berada di Temon Kulonprogo tersebut. 

“Akses transportasi masih cukup sulit, kami dorong Dishub untuk memaksimalkan akses misalnya kereta api atau bus sehingga akses bisa nyaman, cepat dan mencukupi kebutuhan masyarakat. Harus ada percepatan di mana bandara dan infrastruktur penunjang seharusnya bersamaan tapi ini kan tidak. Ini harus dipercepat,” pungkasnya. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI