DPRD Minta KPU Lengkapi Dokumen

YOGYA, KRJOGJA.com – Pimpinan DPRD Kota Yogya mulai bergerak cepat dalam memproses pelantikan Haryadi Suyuti dan Heroe Poerwadi sebagai Walikota dan Wakil Walikota Yogya. Usai menjalani pertemuan Asosiasi DPRD Kota Seluruh Indonesia (Adeksi), Selasa (2/5), langsung menindaklanjuti surat dari KPU Kota Yogya.

Ketua DPRD Kota Yogya, Sujanarko, mengungkapkan pihaknya menerima surat
hasil keputusan pleno KPU Kota Yogya pada 28 Maret sore. Sesuai aturan, paling lambat lima hari kerja setelahnya, harus digelar rapat paripurna istimewa dengan agenda pengumuman walikota terpilih.

"Jika dihitung waktu, batas akhir paripurna itu pada 5 Mei 2017. Tapi hasil rapat tadi sudah diputuskan untuk kami gelar Kamis (4/5) besok," ungkapnya.

Kendati sudah diagendakan pada Kamis (4/5), namun pimpinan dewan juga meminta KPU Kota Yogya melengkapi dokumen. Terutama salinan keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) serta salinan hasil rekapitulasi suara. Pasalnya, dalam surat yang diserahkan sebelumnya, KPU Kota Yogya hanya mencantumkan hasil suara pasangan terpilih.

"Sebenarnya dua dokumen itu bisa diunggah melalui website, tapi itu kan menjadi kewenangan KPU karena diatur dalam surat edaran Menteri Dalam Negeri. Harapannya sebelum digelar rapat paripurna
istimewa, kedua dokumen sudah dilengkapi oleh KPU," imbuh Sujanarko.

Sementara rapat paripurna istimewa besok, teknisnya tidak jauh berbeda dengan paripurna biasanya. Hanya, tidak ada batasan kuorum sehingga berapa pun anggota dewan yang hadir, rapat paripurna tetap dapat digelar.  Di samping itu, peserta rapat paripurna juga ditambah dari unsur Panwas Kota Yogya KPU Kota Yogya serta ketua KPU DIY dan ketua Bawaslu DIY.

Sujanarko menambahkan, setelah menggelar rapat paripurna istimewa, pihaknya
akan menindaklanjutinya dengan mengirimkan surat ke Pemda DIY. Selanjutnya,
tahapan pelantikan menjadi ranah DIY. (Dhi)

 

 

 

BERITA REKOMENDASI