Drainase Bakal Dilengkapi Sumur Peresapan

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Pekerjaan drainase akan terus digencarkan di sejumlah wilayah. Baik pembangunan baru, pemeliharaan maupun peningkatan. Secara bertahap, semua drainase juga akan dilengkapi sumur peresapan guna memelihara air hujan agar tidak semua terbuang ke sungai.

Menurut Kepala Bidang Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kota Yogya Aki Lukman, sejak tahun 2013 hingga saat ini setidaknya sudah ada 30.000 sumur peresapan yang terbangun di dalam drainase. “Tahun ini kami juga akan membangun sumur peresapan dalam sistem drainase yang sudah terbangun. Seperti di Jalan Magelang hingga Jalan Pakuningratan,” jelasnya.

Keberadaan sumur peresapan dinilai cukup efektif dalam melindungi. Selain mengurangi jumlah air hujan yang terbuang ke sungai, air hujan yang terserap ke dalam tanah juga mampu mempertahankan ketersediaan air bersih di sumur warga.

Hanya, efektivitas sumur peresapan tersebut juga sangat bergantung dari kesadaran masyarakat. Terutama tidak menyalurkan limbah rumah tangga maupun limbah berjualan ke saluran air hujan. Pasalnya, sumur peresapan yang dialiri limbah justru berpotensi terjadi penyumbatan hingga pencemaran lingkungan.

“Contoh paling nyata itu di Jalan Ireda. Tahun 2019 lalu kami bangun sumur peresapan di saluran air di sana. Tetapi sekarang banyak yang dialiri limbah sehingga ketika menggenang menimbulkan bau,” tandasnya.

Begitu juga drainase di Jalan Mondorakan yang baru saja selesai dibangun akhir tahun lalu. Sejumlah pedagang di Pasar Kotagede diketahui membuang limbah ke dalam saluran tersebut sehingga tercium bau tidak sedap. Oleh karena itu, imbuh Aki, pihaknya akan meminta komitmen warga agar memiliki tanggung jawab lingkungan.

“Tahun ini akan ada pembangunan drainase di Jalan Kemasan. Tapi kami akan sosialisasi ke warga dulu karena ada pipa-pipa limbah rumah tangga yang tersalur di drainase lama. Itu semua akan kami tutup. Drainase utama akan kami bangun di tengah jalan, sedangkan di drainase lama yang ada di pinggir, kami bangunkan sumur peresapan,” paparnya.

Total pekerjaan drainase di Kota Yogya pada tahun ini tercatat ada 13 paket. Beberapa di antaranya ialah pembangunan baru seperti di Jalan Tohpati Cs, Jalan Pugeran Timur Cs, Gang Abimanyu Cs serta di Kelurahan Sorosutan. (Dhi)

BERITA TERKAIT