Dua Armada Pemadam Kebakaran Siaga di Pusat Kota

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Dua unit armada kendaraan pemadam kebakaran akan disiagakan di pusat kota. Khususnya pada malam pergantian tahun. Hal ini menyusul kebiasaan masyarakat yang merayakan malam tahun baru dengan menyalakan kembang api sehingga meningkatkan potensi kebakaran.

”Selama ini belum pernah terjadi kebakaran saat malam pergantian tahun. Pada tahun ini pun kami berharap tidak ada kejadian tersebut. Meskipun demikian, antisipasi untuk mengurangi potensi tetap dilakukan,” jelas Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kebakaran Kota Yogya Agus Winarto.

Dua armada yang disiagakan adalah truk pemadam kebakaran dengan kapasitas yang disesuaikan dengan lokasi penempatan, yaitu sekitar 3.000 liter hingga 8.000 liter yang masing-masing disertai dengan satu regu pemadam kebakaran. Keduanya disiagakan di teteg Malioboro dan depan Taman Pintar Yogya saat malam perayaan tahun baru.

Dengan demikian, jika tiba-tiba terjadi kebakaran di sekitar lokasi yang menjadi tujuan utama wisatawan, maka petugas dapat mengakses secara cepat dan mengurangi potensi korban. Selain itu, kedua lokasi tambahan tersebut akan mendukung operasional posko utama Dinas Pemadam Kebakaran Kota Yogya yang berada di kompleks Balaikota Yogya dan di Jalan Kyai Mojo.

Pihaknya juga tidak menyiagakan armada dan personel di sekitar Tugu yang diperkirakan juga akan dipadati masyarakat saat malam pergantian tahun. Hal ini karena lokasi tersebut masih bisa dijangkau oleh regu di posko Jalan Kyai Mojo. Ditambahkan, sepanjang tahun 2018, Dinas Kebakaran Kota Yogya telah menangani sekitar 60 kejadian kebakaran. (Dhi)

BERITA REKOMENDASI