Dua Hari Berturut-turut DIY Pecahkan Rekor Positif Covid-19

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Kasus positif Covid-19 DIY kembali memecahkan rekor selama dua hari berturut-turut. Kamis (21/01/2021) kemarin tercatat 456 orang positif, hari ini Jumat (22/01/2021) dilaporkan adanya tambahan 478 kasus positif di DIY.

Kabupaten Sleman dan Kota Yogyakarta mendominasi penambahan kasus dengan masing-masing 119. Bantul tercatat ada tambahan 97 kasus, Gunungkidul 77 kasus dan Kulonprogo 66 kasus.

Penambahan kasus yang tercatat mendekati angka 500 ini menjadi pukulan telak bagi DIY yang menerapkan Pengetatan Terbatas Kegiatan Masyarakat (PTKM) sejak 11 Januari lalu. Saat ini kasus positif aktif pun tercatat menjadi 5.887 orang yang berada di berbagai rumah sakit rujukan, shelter maupun isolasi mandiri.

Fatality rate kasus Covid di DIY saat ini tercatat 2,25 persen dengan total pasien meninggal dunia 422. Pasien sembuh sendiri tercatat total 12.427 orang hingga saat ini dari 18.736 kasus positif terkonfirmasi.

Juru bicara gugus penanganan Covid-19 DIY Bidang Kesehatan, Berty Murtiningsih menyebut dominasi tambahan kasus positif berasal dari tracing kontak positif sebelumnya. Hal tersebut menurutnya menunjukkan masih terjadinya penularan di masyarakat.

“Belum bisa disimpulkan demikian (PTKM gagal) mengingat juga didominasi hasil tracing kasus terdahulu, dimana menunjukkan penularan di DIY memang tinggi. Masyarakat belum optimal mendisiplinkan diri dengan melakukan protokol kesehatan dengan baik,” ungkap Berty melalui keterangan tertulis dalam aplikasi pesan.

Sebelumnya, Sekda DIY, Kadarmanta Baskara Aji meminta masyarakat untuk kembali menerapkan sistem posko pengawasan di tingkat paling bawah. Hal tersebut menurut Baskara Aji karena penularan terjadi di lingkup keluarga dan antar tetangga.

“PTKM nanti akan dimodifikasi, bagaimana memaksimalkan kembali posko pengawasan di tingkat kalurahan. Harapannya dari situ penularan bisa kita tekan, di mana satgas desa bisa bekerja kembali,” ungkap Baskara Aji. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI