Dua Kali Alami Bencana Dahsyat, DIY Siap Kirim Bantuan ke Bali

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Naiknya status Gunung Agung Karangasem Bali menjadi awas beberapa waktu lalu membuat lebih dari 81 ribu warga sekitar mengungsi ke jarak aman 12 kilometer. Peristiwa tersebut mengundang banyak perhatian dari berbagai daerah lain termasuk DIY. 

Wakil Gubernur DIY Paku Alam X bahkan menyampaikan niatan untuk mengirim bantuan ke Bali apabila memang diperlukan. Bukan logistik atau dana yang bakal dikirim, namun menurut Paku Alam DIY siap mengirimkan tim konsultasi penanganan pasca bencana. 

“Sangat mungkin kita mengirim bantuan yang sifatnya konsultatif misalnya penanganan pasca bencana. DIY siap mengirim dan sharing pengalaman apabila memang dibutuhkan karena memang kita dua kali pernah punya pengalaman dua kali yakni gempa bumi dan erupsi Merapi,” ungkapnya pada wartawan usai menemui Menteri Pertahanan Fiji di Kepatihan, Rabu (27/9/2017). 

Namun demikian, hingga saat ini Pemda DIY belum menerima permohonan dari Bali terkait bantuan tersebut. “Sampai saat ini BPBD DIY juga belum menyampaikan adanya permintaan bantuan, tapi pada prinsipnya kita siap membantu bila memang dibutuhkan,” sambungnya. 

Tim ahli dari DIY sendiri sebelumnya sempat dikirim ke beberapa daerah untuk membantu proses evakuasi serta penanganan pasca bencana. Misalnya saja saat terjadi gempa Sumatera Barat, erupsi Sinabung dan tanah longsor di Banjarnegara. 

Jumlah pengungsi di Karangsaem sendiri mencapai lebih dari 81 ribu. Kondisi tersebut menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana dikarenakan adanya ketidaktahuan masyarakat apakah berada di area berbahaya atau tidak. Kejadian serupa juga pernah terjadi saat erupsi Merapi 2010 lalu di mana saat wilayah berbahaya dinaikkan, kemudian jumlah pengungsi ikut bertambah melebihi jumlah warga yang masuk hitungan zona tersebut. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI