Dua Siswa SMA Muha Student Exchange ke Jepang

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Dua siswa kelas X, SMA Muhammadiyah 2 (Muha) Yogyakarta, Devinna Safitri Nilam P dan Jauza Fatiha Rheina Al Fitra mengikuti program Student Exchange 'Japan Short Course', 8-18 Desember 2019. Program ini terwujud kerja sama SMA Muha dengan Lembaga Japanese Course Yogyakarta dan Tsukuba Gakuin University Japan.

Jauza mengatakan, selama di Kota Tsukuba Jepang, dirinya bersama Devinna mengikuti serangkaian kegiatan seperti belajar bahasa Jepang di Tsukuba Gakuin University, pengenalan budaya dan etika Jepang di hostfamily, kunjungan di pusat Antariksa dan Roket Jepang, kunjungan ke robotik center Jepang serta belajar dan perform budaya Indonesia di sekolah Jepang. "Progam Japan Short Course diikuti 37 pelajar se-DIY dan kami mewakili SMA Muha," terang Jauza kepada wartawan di Kampus SMA Muha Yogyakarta, Jumat (20/12/2019).

Devinna menambahkan, banyak pengalaman yang didapat selama di Jepang. Devinna terkesan dengan kebersihan kota dan keamanan di Jepang. Selain itu dirinya salut dengan kedisiplinan dan kejujuran oang Jepang. "Saat ada teman kehilangan barang, barang itu cepat ketemu dan masih utuh," ujarnya.

Kepala SMA Muha Yogyakarta, Slamet Purwo mengatakan, pihak sekolah berupaya memfasilitasi peserta didik agar memiliki wawasan global. Program student exchange ke Jepang ini merupakan embrio ektrakurikuler bahasa Jepang di SMA Muha.

"Sesuai dengan visi misi sekolah yang berwawasan internasional, kita dorong siswa untuk mengikuti program-program pengembangan ke luar negeri," ujarnya. (Dev)

BERITA REKOMENDASI