Dubes Inggris Puji Penanganan Pandemi Covid-19 Cara Sultan

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Owen Jenkins menemui Gubernur DIY, Sri Sultan HB X di Gedong Wilis Kepatihan, Selasa (21/06/2022). Pertemuan dengan Sultan berlangsung tertutup selama satu jam dengan beberapa hal yang dibahas.

Kepada wartawan usai pertemuan, Owen menyampaikan apresiasi pada kepemimpinan Sri Sultan HB X dalam mengatasi pandemi Covid-19. Kunjungan Owen kepada Sultan merupakan kali pertama sejak ia menjabat resmi sebagai Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste.

“Senang bisa melakukan kunjungan pertama saya sejak resmi menjadi duta besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste. Saya sangat mengapresiasi kepemimpinan Sri Sultan dalam mengatasi pandemi dan bagaimana beliau amat sangat peduli dengan kesejahteraan dan kesehatan rakyatnya,” ungkapnya.

Dalam diskusi satu jam, Owen Jenkins mengatakan ada beberapa hal dibahas yakni potensi kolaborasi Inggris dan Yogyakarta di bidang digital, serta ekonomi kreatif juga pendidikan. Secara khusus, Owen juga mengundang Sultan untuk berkunjung secara langsung ke Inggris untuk diskusi lebih lanjut mengenai kolaborasi itu.

“Ya kami berdiskusi juga dengan Sri Sultan mengenai digital manuskrip dan meyakini sudah ada pembicaraan antara pemerintah Yogya, national library dan British library terkait isu ini. Kami sangat senang karena digitalisasi manuskrip yang dilaksanakan sejak 2019 berjalan baik dan ada prioritas untuk digitalisasi di masa depan,” ungkapnya lagi.

Owen sendiri ke Yogyakarta dalam rangka mengikuti konferensi G20 tingkat Menteri Kesehatan 20-21 Juni ini. Ia menilai Yogyakarta sangat tepat menjadi tuan rumah rangkaian kegiatan yang membawa dampak luas bagi dunia. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI