Duh…Belum Dua Bulan, Plataran Ubin Tugu Pal Putih Rusak

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Belum genap dua bulan diresmikan, plataran Tugu Pal Putih mulai mengalami kerusakan. Terlihat Kamis (4/2/2021) sebuah ubin rusak terbelah dua karena dilewati kendaraan bermotor.

Kondisi tersebut mengundang keprihatinan dari berbagai pihak. Forpi Kota Yogyakarta salah satu yang menyayangkan kerusakan, padahal proyek revitalisasi menghabiskan Rp 9,5 miliar dari Dana Keistimewaan.

“Dari hasil pemantauan Forum Pemantau Independen (Forpi) Kota Yogyakarta pada Kamis (4/1/2021) sore di lokasi, terdapat satu buah ubin mengalami kerusakan yakni terbelah dua di sisi selatan Tugu Pal Putih. Selain itu juga terdapat bekas semen yang keliatannya baru diperbaiki. Ini sangat disayangkan,” ungkap Baharuddin Kamba, Anggota Forpi Kota Yogyakarta.

Forpi Kota Yogyakarta menurut Kamba langsung menyampaikan hasil temuan ke Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kota Yogyakarta untuk segera diperbaiki. Pasalnya kondisi itu dapat membahayakan bagi pengguna jalan baik pejalan kaki maupun yang mengenakan kendaraan sepeda motor.

“Karena memang masih dalam proses pemeliharaan, maka masih menjadi tanggungjawab dari penyedia jasa atau kontraktor untuk memperbaiki kerusakan di sekitar Tugu Pal Putih Yogyakarta. Atas kerusakan terjadi, Forpi Kota Yogyakarta mengingatkan kepada Dinas PUPKP Kota Yogyakarta untuk menelurusi penyebab dari kerusakan tersebut. Mengingat lokasi kerusakan adalah dibawahnya terdapat saluran air hujan atau terowongan. Hal ini penting agar hal serupa tidak terjadi lagi ke depannya dan mengingat pula saat ini memasuki musim penghujan dengan intensitas curah hujan yang lumayan cukup tinggi,” sambung dia.

BERITA REKOMENDASI