Duta Museum Ini Ajak Siswa Mengenal Museum dengan Bermain

YOGYA, KRJOGJA.com – Museum, yang selama ini terkesan sunyi dan senyap karena jarang dikunjungi, bisa dibuat sebagai tempat bermain yang menyenangkan. Suasana menjadi riuh rendah ketika Zenny Ika Risna, Finalis Duta Museum sekaligus Ambassador Museum Kesatuan Pergerakan Wanita Indonesia selesai memberikan instruksi atas permainan berbasis communication skill kepada ratusan siswa SMK yang mengikuti kegiatan kunjungan museum di museum yang terletak di Komplek Gedung Mandalabakti Wanitatama Yogyakarta.

Kegiatan yang diinisiasi oleh tugas individu sebagai Finalis Duta Museum DIY Tahun 2017 ini sengaja digagas berkaitan dengan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang diselenggarakan pada tanggal 18 – 20 Juli 2017. Risna, mantan banker dan penyiar radio yang kini berprofesi sebagai MC, trainer & konsultan ini mengajak para siswa untuk dapat lebih mengenal Museum Kesatuan Pergerakan Wanita Indonesia dengan beberapa bentuk permainan yang berbasis keterampilan berkomunikasi dan kepercayaan diri yang baik pada hari Rabu (19/07/2017).

Selain agar lebih mengenal museum, harapan lain yang disampaikan oleh Risna adalah para siswa akan semakin kenal satu dengan yang lain karena permainan yang dipandunya membutuhkan kerjasama kelompok. Siwi, staf Museum  Kesatuan Pergerakan Wanita Indonesia, menyatakan bahwa kegiatan yang diselenggarakan tersebut membuat kehebohan tersendiri & baru pertamakali dilaksanakan di museum membuat para siswa senang dan antusias mengikuti program.

Sedangkan bagi Akbar, salah satu siswa yang mengikuti MPLS tersebut menyampaikan permainan yang dilakukan sangat menarik, lucu, spontan dan membuat keasikan tersendiri. Rekan Akbar, yakni Cornelia pun menyampaikan hal yang senada, yakni permainan berolah kata dan kreatifitas tersebut membuat sesama siswa saling mengenal lebih dekat satu sama lain karena disatukan dalam kegiatan berkelompok yang menghibur.

“Bermain itu hal yang biasa, namun bermain sekaligus belajar di museum tentu berbeda esensinya. Semua akan menjadi terasa luar biasa. Apalagi jika berkunjung ke museum, akan lebih banyak ilmu yang didapatkan, salah satunya adalah filosofi kehidupan dari pembelajaran dimasa lampau yang tetap menarik dipelajari hingga saat ini,” kata Risna. Acara ditutup dengan ‘Salam Sahabat Museum’ yang dijawab dengan ‘Museum Dihatiku’ sambil menyilangkan tangan kanan di dada kiri. (Mg-10)

 

BERITA REKOMENDASI