E-Warong KUBE Hadir di Yogyakarta

YOGYA (KRjogja.com) – Pengembangan Warung Gotong Royong Kelompok Usaha Bersama Elektronik atau e-Warong KUBE, sebagai tempat untuk menyalurkan dana bantuan sosial atau subsidi dari pemerintah terus diperluas. Kini, program yang digagas Kementerian Sosial RI dan didukung penuh PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk tersebut dibuka di Kota Yogyakarta dan Kabupaten Kulonprogo sebagai awal masuknya program e-Warong KUBE di DIY.

Peresmian e-Warong KUBE di DIY ini dilaksanakan di dua tempat pada hari yang sama, Jumat (26/8/2016), yaitu e-Warong KUBE di Wirogunan Mergangsan Kota Yogyakarta dan e-Warong KUBE yang berada di Pedukuhan V Krembangan, Panjatan Kulonprogo. Hadir pada kesempatan tersebut Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa, Asisten Administrasi Umum Setda Kota Yogyakarta Maria Kanisia Pontjosiwi, Direktur Pengembangan Bisnis Bulog Imam Subowo, Wakil Direktur Utama BNI Suprajarto dan sejumlah tamu undangan lainnya.

E-Warong KUBE yang diresmikan di Yogyakarta dan Kulonprogo tersebut merupakan e-Warong KUBE ke-16 dan ke-17 yang dikembangkan BNI dengan dukungan penuh Kemensos RI. Sebelumnya di Malang, BNI telah membuka 6 e-Warong KUBE yaitu 2 e-Warong KUBE di Sidoarjo dan Surabaya, dan masing-masing 1 e-Warong KUBE di Mojokerto, Solo, Boyolali, Semarang, dan Bogor. BNI juga telah membuka 1 e-Warong KUBE di Johar Baru, Jakarta yang menjadi lokasi peluncuran pertama e-Warong KUBE bank-bank milik negara yang terhimpun dalam HIMBARA.

"Bagi BNI, peluncuran e-Warong KUBE ini merupakan yang ke-11 kalinya. Sebagai bank yang mengembangkan jaringan Branchless Banking dalam program Laku Pandai, BNI menjadikan e-Warong KUBE sebagai agen Laku Pandai BNI, yang dinamai Agen46," kata Wakil Direktur Utama BNI Suprajarto di NDalem Hadinegara Bintaran, Kamis (25/8/2016).

Suprajarto mengatakan pemilik Kartu Keluarga Sejahtera (KKS)  yang juga penerima manfaat bantuan sosial dan subsidi dapat mencairkan bantuan dari pemerintah tersebut di seluruh jaringan e-Warong KUBE, seluruh outlet dan ATM BNI maupun bank-bank milik negara, yaitu BRI, Mandiri, dan BTN. E-Warong KUBE juga beroperasi sesuai dengan konsep Rumah Pangan Kita (RPK) yang dikembangkan Bulog.

"Penyaluran Bantuan Sosial melalui e-Warong KUBE ini memiliki banyak keunggulan, antara lain rekening yang dikembangkan akan memiliki fungsi sebagai Saving Account dan sekaligus menjadi e-Wallet dimana transaksinya menggunakan Electronic Data Capture (EDC) yang telah kami siapkan di e-Warong KUBE BNI," ujar Suprajanto. (R-4)

BERITA REKOMENDASI