Earth Hour, Padma Yoga Ajak Hemat Energi

YOGYA, KRJOGJA.com – Sebagai bentuk keprihatinan akan tingginya beban daya konsumsi listrik dunia yang berimbas pada banyak hal negatif bagi lingkungan, komunitas Padma Yoga Yogyakarta menggelar aksi menyalakan lilin bersama pada peringatan earth hour.

Aksi spontanitas yang diikuti oleh beberapa perwakilan anggota komunitas Padma Yoga dilakukan di pelataran Gedung Grha Sabha Pramana, Sabtu (24/3/2018) malam.

Koordinator  Padma Yoga, Lies Sulistyowati menuturkan tingginya penggunaan listrik di dunia memiliki berbagai dampak negatif, yaitu ketergantungan masyarakat terhadap penggunaan listrik yang juga berdampak pada  efek pemanasan global, di samping menyebabkan pemborosan dari sisi ekonomi. Lies, menambahkan sejak beberapa tahun lalu, Padma Yoga selalu terlibat dalam aksi peringatan Earth Hour yang diperingati di dunia.

Aksi yang dilakukan di seluruh dunia dengan memadamkan listrik  selama satu jam ini dianggap efektif untuk menekan tingkat konsumsi listrik dunia.

"Kami berharap aksi simbolis ini dilakukan oleh masyarakat secara rutin tidak hanya pada saat peringatan earth hour tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari sebagai aksi peduli lingkungan. Kami memulai dari kelompok kecil yakni dari komunitas Padma Yoga dan berharap kesadaran ini akan diikuti seluruh warga Yogya dan masyarakat luas," ujar Lies.

Ditambahkannya, aksi-aksi peduli  dari komunitas Padma Yoga tidak hanya pada peringatan earth hour saja tetapi banyak aksi yang dilakukan oleh  Padma Yoga terkait dengan kepedulian lingkungan dan sosial, antara lain Hari Air, Hari Lingkungan Hidup, Hari Peduli Kanker, dan sebagainya.

"Kami berusaha memberikan kontribusi meski sekecil apapun dalam kegiatan-kegiatan yang membangun kesadaran menjaga lingkungan, kesehatan, dan kepedulian sosial," tutupnya.(Aje)

 

BERITA REKOMENDASI