Edukasi Masyarakat Bangunan Aman

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA (KRjogja.com) – Secara umum, bangunan gedung di DIY khususnya yang dimiliki instansi sudah memenuhi kaidah keamanan pembangunan. Terlebih sejak tragedi Gempa 2006, masyarakat mulai sadar akan pentingnya bangunan aman gempa guna keselamatan diri.

"Tujuan kami memang memasyarakatkan pembangunan yang aman sesuai kaidah. Tugas kami mengadvokasi masyarakat agar ketika melakukan pembangunan mengutamakan unsur keamanan mengingat potensi kebencanaan di DIY, khususnya gempa bumi," tutur PPK Pusat Informasi Pengembangan Pemukiman Dan Bangunan (PIP2B) Dinas PUP ESDM DIY Haryo Satriyawan sela pelaksanaan Lomba Photography dan POP UP di Gedung PIP2B Jalan Kenari Yogyakarta, Selasa (27/9).

Advokasi yang dilakukan tambah Haryo bisa meliputi konsultasi dan update harga bahan bangunan hingga perhitungan RAB yang bisa diakses masyarakat tanpa biaya. Selain itu masyarakat bisa mendapatkan referensi secara lengkap tentang permukiman dan bangunan sesuai yang diharapkan.

Sementara perlombaan yang diadakan sendiri merupakan bentuk kampanye edukasi penataan bangunan, terutama yang ada di bantaran sungai dan bangunan cagar budaya. Pasalnya di DIY banyak lokasi permukiman yang tumbuh di bantaran sungai dan keberadaan bangunan heritage yang cukup banyak.

Perlombaan ini diikuti 200 peserta yang disebar untuk memotret dinamika pembangunan di Yogyakarta. Selain itu juga diadakan Lomba POP UP berupa maket bangunan secara sederhana yang layak diterapkan di Yogyakarta. (R-7)

 

BERITA REKOMENDASI