Efisiensi Pelayanan Samsat Induk

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.Com – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda DIY, terus melakukan inovasi dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Terutama terkait dengan jam/waktu operasional di Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Induk.

Efisiensi pelayanan dimaksudkan agar masyarakat bisa memilih waktu yang tepat untuk mengurus pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB) agar terhindar dari antrean panjang. Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda DIY Kombes Pol I Made Agus Prasatya SIK MHum didampingi Kasi STNK Subditregident Kompol Yugi Bayu Hendarto SIK, Selasa (16/06/2020) menyampaikan meski saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19, ternyata warga Yogya banyak yang berniat membayar pajak kendaraan bermotor.

Realita seperti itu tentu merupakan sesuatu yang menggembirakan.
Karena, niat baik warga harus direspons secara positif, salah satunya dengan meningkatkan pelayanan melalui efisiensi jam pelayanan.

I Made Agus Prasatya menyatakan dari hari ke hari, jumlah warga yang hendak membayar pajak terus bertambah. Padahal saat situasi secara umum masih berada dalam situasi pandemi Covid-19.

Pihak Ditlantas tetap memberlakukan protokol kesehatan, yakni penggunaan masker, cuci tangan menggunakan hand sanitizer, dan jaga jarak saat antre.
Terkait hal itu, Ditlantas Polda DIY melakukan pembenahan guna meningkatkan pelayanan, yakni soal jam operasional pelayanan.

I Made Agus Prasatya menjelaskan untuk Pelayanan Samsat Induk Kota, Samsat Induk Sleman, Samsat Induk Bantul, Samsat Induk Kulonprogo dan Samsat Induk Gunungkidul, pelayanan dilakukan mulai Senin-Kamis (08.00-13.00), Jumat (08.00-11.00), dan Sabtu (08.00-12.00).

Sedangkan jam pelayanan Samsat Drive Thru, meliputi Samsat Drive Thru Sleman, Samsat Drive Thru Bantul, Samsat Drive Thru Sewon Bantul, dan Samsat Drive Thru Kulonprogo, pelayanan dilakukan Senin-Kamis (08.00-13.00), Jumat (08.00-11.00) dan Sabtu (08.00-12.00).
Ditambahkan, Ditlantas Polda DIY juga melakukan efisiensi dalam pelayanan Surat Izin Mengemudi (SIM), terutama untuk perpanjangan SIM C dan SIM A.

Pelayanan meliputi Unit Gerai SIM JCM dan Unit Gerai SIM Ramai Mall, Senin-Jumat (08.00-12.00) dan Sabtu (08.00-11.00).

I Made Agus Prasatya menyampaikan masyarakat yang mengurus pajak kendaraan bermotor maupun perpanjangan SIM, dipersilakan datang ke tempat pelayanan yang sudah ditentukan. (Hrd)

BERITA REKOMENDASI