Eko Suwanto Dukung Deklarasi Masyarakat Jaga Kelestarian Sungai

YOGYA, KRJOGJA.com – Menindaklanjuti kunjungan kerja lapangan Komisi A DPRD DIY beberapa waktu yang lalu dan respon BPBD Yogyakarta atau situasi Kali Buntung yang ditemukan berbagai kerusakan termasuk sampah.  Sabtu pagi, 18 Januari 2020  bertempat di depan Kantor Kelurahan Bumijo dilaksanakan apel yang dihadiri ketua komisi A DPRD DIY dari Fraksi PDI Perjuangan Eko Suwanto, Kepala BPBD Yogyakarta Hari Wahyudi, Wakil Ketua Komisi C DPRD Yogyakarta Dedi Jati Setiawan beserta Anggota Endro Sulaksono, dan diikuti jajaran TNI, Polri, BPBD,  Katana, KTB, relawan dan Pengurus Kelurahan, Ketua RW dan warga. 
 
Apel kesiapsiagaan dipimpin Dandim 0734/Yogyakarta Kolonel Arh Zaenudin S.H M.Hum. Dalam amanatnya Dandim menegaskan bahwa sungai adalah wajah peradaban, wajah masyarakat kita. Dandim berpesan agar masyarakat senantiasa merawat dan melestarikan sungai.
 
Eko Suwanto, Ketua Komisi A DPRD DIY dari Fraksi PDI Perjuangan dalam sambutannya menekankan pentingnya membangun kesadaran masyarakat untuk berkomitmen menjaga kebersihan dan kelestarian sungai.
 
"Kita mengajak warga untuk cinta lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan khususnya disungai. Kita juga mendesak pemkot untuk perbaiki tata kelola sampah khususnya di pemukiman penduduk yang dilewati sungai. Selain perbaikan tata kelola sampah, kedepan juga perlu komitmen pemda untuk koordinasi dengan BBWSO melakukan perbaikan talud, dan infrastruktur sungai yang rusak. Minggu depan Insya Allah Kom A akan undang instansi terkait untuk membicarakan hal ini", ujar politisi muda PDI Perjuangan Eko Suwanto
 
Kepala BPBD Kota Yogyakarta Hari Wahyudi dalam kesempatan apel menyampaikan terima kasih atas dukungan TNI, Polri dan kerja sama yang baik dengan relawan. 
 
Pada kesempatan yang sama anggota Fraksi PDI Perjuangan Dapil Kota Yogyakarta Eko Suwanto dalam sambutannya juga menyatakan mendukung deklarasi yang disampaikan masyarakat dalam apel Sabtu siang. Isi deklarasi masyarakat tersebut yaitu Kami siap menjaga kebersihan sungai dan tidak membuang sampah disungai; Kami siap memelihara sungai agar terjaga kelestariannya; Kami siap membangun masyarakat yang sadar bencana dan tangguh dalam menghadapi bencana alam. Deklarasi dibacakan Samsul ditanda tangani 8 Ketua RW dari Kricak dan Bumijo. Saat pembacaan, diikuti seluruh peserta apel.
 
"Kita tentu dukung masyarakat laksanakan isi deklarasi ini dengan konsisten. Ayo masyakat berkomitmen cinta sungai mulai saat ini juga. Stop buang sampah sembarangan, stop buang sampah ke sungai. Kita ingin sungai bersih asri dan elok agar kita terhindar dari bencana alam. Ayo jadikan Jogja pelopor sungai bersih", ujar Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Yogyakarta Eko Suwanto yang tampak ikut turun ke sungai memunguti sampah dan membantu angkat karung yang telah diisi sampah disungai bersama aparatur dari Pemda, TNI, Polri dan relawan. (*)

BERITA REKOMENDASI