Eko Suwanto: Santri Berperan Strategis Jaga Persatuan Bangsa

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Santri di nusantara adalah elemen strategis yang memiliki peran penting dalam mewujudkan persatuan Indonesia. Peran sejarah santri dan kontribusinya dalam upaya membawa Indonesia menjadi bangsa yang kuat, nyata adanya.

“Santri punya sejarah panjang dalam sejarah pergerakan dan perjuangan bangsa Indonesia. Membawa semangat persatuan Indonesia, di lingkungan pondok dan kehidupan sosial rakyat Indonesia,” kata Eko Suwanto, Ketua DPC PDI perjuangan Kota Yogyakarta, Kamis (22/10/2020).

Eko Suwanto, Ketua Komisi A DPRD DIY dari Fraksi PDI Perjuangan ini menyatakan hari Santri Nasional ditetapkan lewat Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 tentang penetapan 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional.

Ada momen penting sejarah hari santri yaitu saat Hasyim Asy’ari mendeklarasikan resolusi jihad yang mewajibkan seluruh umat Islam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dengan melawan penjajah.

“Inilah semangat bersatu, menjadi patriot bangsa ditumbuhkan dalam jiwa santri, keberadaan Hari Santri kini menjadi milik seluruh bangsa Indonesia. Ini bagian dari perjuangan umat Islam yang mengedepankan komitmen yang sama, bersatu untuk membawa Indonesia lebih sejahtera,” kata Eko Suwanto, yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Yogyakarta ini. (*)

BERITA REKOMENDASI