Ekonomi Kreatif Jadi Andalan Yogya, Komisi X DPR RI Siapkan RUU Ini

YOGYA, KRjogja.com – Komisi X DPR RI mengunjungi Rumah Kreatif Jogja (RKJ) di daerah Sagan, Kamis (4/10/2018) terkait dengan rencana penyusunan Rancangan Undang-Undang (RUU) Ekonomi Kreatif. Menurut Ketua Komisi X DPR RI sekaligus ketua tim, Dr Ir Djoko Udjianto MM, Yogyakarta merupakan salah satu daerah dimana ekonomi kreatif tumbuh dengan cepat.

“Di Yogyakarta ini, banyak seniman, pelaku, pemikir, akademisi, sehingga kami pilih sebagai salah satu daerah tujuan selain Bali dan Kepulauan Riau guna penyusunan RUU Ekonomi kreatif,” ujarnya saat dijumpai KRjogja.com seusai meninjau RKJ. Bersama dengan beberapa anggota lain, Djoko menyempatkan untuk melihat setiap ruangan dan produk-produk yang dipamerkan di RKJ selama kurang lebih satu jam.

“Kami akan menyusun tentang permodalan, skema permodalan seperti apa yang akan ditekankan, menyusun tentang regulasi marketing dan kualitas. Sehingga, UU ini nantinya betul-betul berguna bagi pelaku dan yang terlibat,” terangnya. Ia melanjutkan, dalam UU bakal diperjelas terkait campur tangan pemerintah dalam industri Ekonomi Kreatif, baik itu mengenai produksi maupun marketing.

“Ya, nanti pemerintah apakah akan stressing ke infrastruktur marketing atau produksi juga, termasuk kelembagaannya nanti bagaimana. Diperkirakan selesai di masa sidang yang akan datang, sekarang sudah masuk Program Legislasi Nasional (Prolegnas),” papar Djoko. Ia juga berharap, banyak Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang memiliki kepedulian seperti Bank BRI terhadap pelaku ekonomi kreatif, sehingga memunculkan stimulan dan keyakinan pada para pelaku yang belum memiliki akses. (M-1)

 

BERITA REKOMENDASI