Eks Guru Honorer Gunungkidul Gantikan Kursi Wahyu Pradana Ade Putra di DPRD DIY

YOGYA, KRJOGJA.com – Kuntarti Puspandari (39) resmi menjadi anggota DPRD DIY di sisa masa jabatan 2019-2024. Politisi PDI Perjuangan itu dilantik dan diambil sumpahnya dalam Rapat Paripurna Penggantian Antar Waktu (PAW) DPRD DIY, Selasa (16/11/2021).

Kuntarti menggantikan almarhum Wahyu Pradana Ade Putra yang meninggal dunia pada 29 Juni 2021 akibat Covid. Perempuan kelahiran Gunungkidul, 17 Januari 1982 itu akan duduk di Komisi C yang menangani Bidang Pembangunan, seperti ketugasan yang dulu diemban.

Kintarti mewarisi dua ketugasan yang ditinggalkan Ade di lembaga legislatif, yaitu sebagai anggota Badan Anggaran dan anggota Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD DIY. Pada Pemilu 2019, Kuntarti meraih suara terbanyak keempat dari PDI Perjuangan di Dapil DIY 7 dengan perolehan 5.249 suara.

Ia berada di bawah Ade (28.727 suara), Nuryadi (16.940 suara), dan Bambang Setyo Martono (5.971 suara). PDI Perjuangan meraih tiga kursi DPRD DIY dari Daerah Pemilihan DIY 7 (Gunungkidul), termasuk Nuryadi SPd yang kemudian menjadi Ketua DPRD DIY.

Kuntarti sebelumnya berprofesi sebagai guru honorer SD, sebelum memutuskan terjun ke politik pada 2017, bergabung dengan PDI Perjuangan. “Saya akan menjaga amanah membawa aspirasi masyarakat Gunungkidul khususnya, dan DIY umumnya,” ungkapnya.

Sementara, Ketua DPRD DIY, Nuryadi berharap Kuntarti mampu melanjutkan perjuangan Ade dalam mengemban amanah rakyat dan memperjuangkan aspirasi. Saat ini, anggota DPRD DIY kembali utuh 55 orang.

“Semoga kehadiran Kuntarti membawa pemikiran brilian dan sumbangsih yang diharapkan meningkatkan citra DPRD DIY sebagai wujud kepercayaan masyarakat,” tandas Nuryadi. (Fxh)

 

BERITA REKOMENDASI