Elemen Merah Putih Jaga Ketentraman Yogyakarta

YOGYA (KRjogja.com)- Puluhan paguyuban dan kelompok yang tergabung dalam Elemen Merah Putih Yogyakarta mengeluarkan deklarasi pernyataan sikap dengan satu tujuan untuk menciptakan Yogyakarta yang aman, damai dan tenteram di Aula PT BP Kedaulatan Rakyat Jalan P mangkubumi Yogyakarta, Minggu (14/08/2016). Langkah ini diambil untuk menyikapi sejumlah pergolakan dan peristiwa di Yogyakarta yang cukup memprihatinkan.

"Kami berkumpul karena memiliki tujuan yang sama. Ingin Yogya aman. Didasari jiwa nasionalisme dan NKRI harga mati untuk negara ini," tegas Komandan Paksi Katon M Suhud dijumpai KRjogja.com di kediamannya, Senin (15/08/2016).

Menurut Suhud, Elemen Merah Putih Yogyakarta mensinyalir adanya gerakan separatis yang ingin merongrong kedaulatan bangsa dengan menjadikan Yogyakarta sebagai panggung terbuka atas nama Hak Asasi Manusia (HAM). Menurutnya hal ini sangat jelas melakukan bentuk pengkhianatan terhadap hasil Trikora (Tiga Komando Rakyat) yang disuarakan Presiden Soekarno di Yogyakarta pada 19 Desember 1961 dengan tujuan utama menjadikan RI sebagai Negara Kesatuan meliputi Sabang hingga Merauke.

Pernyataan yang dikeluarkan Elemen Merah Putih Yogyakarta tersebut, meliputi tetap mempertahankan hasil Trikora bahwa Irian Barat atau Papua tetap merupakan bagian dari NKRI, tetap mempertahankan keutuhan NKRI meliputi Sabang hingga Merauke. (M-5)

BERITA REKOMENDASI