Ellyn Subiyanti Siap Satukan Potensi untuk Indonesia Jaya

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Musyawarah Provinsi (Musprov) Luar Biasa Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) DIY secara demokratis, tertib dan lancar menetapan Ellyn Subiyanti sebagai Ketua PSMTI DIY Periode 2021-2025. Ellyn muncul sebagai calon tunggal dan mendapatkan suara bulat, Minggu (20/11) di Bale Perwita, Taman Perwacy, Banguntapan, Bantul. Dilanjutkan Pelantikan Pengurus PSMTI 2021-2025 oleh Ketua Umum PSMTI, David Herman Jaya.

“Kepercayaan dan amanah ini akan saya jalankan sepenuh hati dengan dukungan pengurus yang solid, agar kiprah sosial warga Tionghoa sebagai bagian dari suku bangsa di Indonesia semakin dirasakan sebagai satu kesatuan bangsa Indonesia. Sesuai tema Musprov Bersatu untuk Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh,” ucap Ellyn Subiyanti kepada KRJOGJA.com usai pelantikan.

Sebelumnya Ellyn dalam Laporan Pertanggungjawaban Ketua PSMTI DIY 2017-2021 saat Sidang Pleno dengan Ketua Sidang Agung Budiono dan Anggota Tabitha Sri Jeany, Nicodemus Sanny, Anwar Priyadi, Shienly Yoedhowinoto menyebutkan tidak mudah menjadi ketua organisasi yang besar, perlu dukungan anggota dan soliditas pengurus. “Terimakasih kerjasama dan dukungannya, Kepengurusan PSMTI 2017-2021 telah menjalankan program bakti sosial dengan kepedulian pada warga kurang mampu,” tutur Ellyn.

Ditengah pandemi Covid-19, lanjut Ellyn, PSMTI DIY juga bekerjasama dengan organisasi masyarakat Tionghoa lainnya menggelar baksos, termasuk program nasional Bagi-Bagi Beras dan Masker (BBM) Perayaan Imlek Nasional 2572 Pengusaha Peduli bertajuk Padamu Negeri Kami Berbakti dan Peduli. Sebanyak 230 ton beras dibagikan dengan ratusan ribu masker untuk warga DIY.

Ellyn mengatakan PSMTI juga mendukung acara rutin Jogja Chinese Art Culture Centre (JCACC) dalam even seni budaya seperti Peh Cun, Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta (PBTY), Perayaan Tiong Ciu. “Meski di masa pandemi program ada yang kita jalankan daring sesuai prokes tetapi cukup mengena. PSMTI DIY rutin membina atlet Wushu untuk maju ke kancah Nasional maupun Internasional, juga megembangkan pendidikan bahasa Mandarin,” jelas Ellyn.

Laporan pertanggungjawaban Ellyn diterima peserta Musprov dan Pengurus PSMTI DIY 2017-2021 kemudian dinyatakan demisioner. Ellyn secara simbolis menyerahkan pataka pada pimpinan sidang.

Setelah diinyatakan memenuhi kuorum Pemilihan Ketua PSMTI DIY dilakukan dengan Penetapan Hak Suara yang diberikan oleh Muwardi Gunawan selaku Dewan Pembina Provinsi (1 Suara), R Sidik W Martowidijoyo selaku Dewan Kehormatan Provinsi (1 Suara), Jimmy Sutanto selaku Dewan Penasihat Provinsi (1 Suara), Kepengurusan PSMTI Pusat tidak memberikan suara dan Andi S mewakili Kepengurusan Provinsi (3 Suara). Kesemuanya secara bulat memberikan suara kepada Ellyn Subiyanti sebagai calon tunggal.

Pimpinan Sidang kemudian menanyakan kesediaan Ellyn dengan penetapan dan penandatanganan kesediaan, dilanjutkan Pembacaan Keputusan Sidang Penetapan Ketua PSMTI DIY Terpilih. Dilanjutkan Pemilihan-Penetapan Tim Formatur Kepengurusan PSMTI DIY Periode 2021 – 2025.

Pelantikan Ketua Terpilih Ellyn Subiyanti oleh Ketua Umum PSMTI Pusat David Herman Jaya dengan penyerahan pataka pada Ketua Terpilih. “PSMTI DIY solid, program-programnya banyak memberi manfaat pada masyarakat,” ucap David yang hadir bersama Pengurus Pusat lainnya Nico, Jesselyn, Surijati, Steven (Lombok), Pepeng Putra Wirawan (Jatim), Teguh Gunawan, Max Margono (mewakili Ketua Sulawesi Selatan).

Usai pelantikan diisi acara break makan siang dan fashion show batik encim (peranakan) dan busana desainer Afif Syakur dibawakan oleh Koko Cici Yogya. Ellyn Subiyanti tak ketinggalan menyumbangkan beberapa lagu dengan performance yang luwes. Koor penutup membawakan Mars PSMTI dan nyanyian Kepadamu Negeri Kami Mengabdi, serta foto bersama.

“Semoga PSMTI DIY bersama-sama PSMTI seluruh indonesia. bahu membahu bersama bangsa Indonesia lainnya membangun kejayaan Negara Indonesia, dan PSMTI semoga jaya sepanjang masa,” ucap Ketua Panitia Musprov Luar Biasa PSMTI DIY Muwardi Gunawan.

Selain anggota dan jajaran pengurus Musprov Luar Biasa PSMTI DIY ini juga dihadiri Ketua Paguyuban/Organisasi Tionghoa dan tokoh masyarakat Tionghoa Yogya diantaranya Ketua Perhimpuan Warga Canton Yogya (Perwacy) Frananto Hidayat yang juga Ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia Korwil DIY, Ketua Perhimpunan Fu Qing Yogya Jimmy Sutanto, Ketua Paguyuban Warga Tionghoa (PWT) Bhakti Putera Muwardi Gunawan, Ketua Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) DIY Antonius Simon, Ketua Hin An Hwee Koan Penny Guntoro, Ketua PUKJ Joko Tirtono.

Ada pula Pengurus Harian PUKJ Sadana Mulyono yang juga Ketua Paguyuban Pengusaha Malioboro Ahmad Yani (PPMAY), perwakilan Hoo Hap Hwee, Ketua Persatuan Umat Buddha Indonesia (Permabudhi) DIY Agus Setyawan Suwarno, sesepuh Hoo Ming Bing, Tjiang Merry T, Bernie Liem, juga melibatkan generasi muda, Koko-Cici, MC Fantoni dan lainnya. (Vin)

BERITA REKOMENDASI