Empat Hal ini Menjadi Pertimbangan Sultan Agar Pemudik Isolasi Diri 14 Hari

GUBERNUR DIY Sri Sultan Hamangku Buwono X mewajibkan seluruh pendatang dari luar daerah maupun luar negeri, apabila masuk wilayah DIY harus diisolasi minimal selama 14 hari. Kewajiban ini dikeluarkan setelah mempertimbangkan beberapa fakta ini, yaitu :

1. Penderita Covid-19 Semakin Banyak

Faktanya penderita virus Korona jenis baru (Covid-19) di DIY yang semakin banyak itu semuanya merupakan ‘produk impor’, dalam arti tertular setelah pergi keluar dari DIY maupun pembawa bibit virus Korona masuk ke DIY.

Sultan menuturkan dari isolasi tersebut akan dilakukan pemeriksaan kesehatan Covid-19, karena tidak dilakukan di jalanjalan tetapi di tempat domisili masing- masing. Berdasarkan data yang masuk, setidaknya lebih dari 1.000 orang dalam pantauan yang masuk ke DIY dalam kurun waktu dua hari ini, karena mayoritas pendatang yang kembali ke DIY mengingat wilayah yang sebelumnya ditempati dinyatakan sebagai zona merah.

“Kami melihat jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) naik drastis, lebih dari 1.000 orang, karena identifikasi kami di kabupaten/kota orang sudah mudik. Tidak tahu alasannya apa, semisal dari Jakarta pulang ke
Yogya karena tidak bisa jualan, tidak masuk kerja atau di-PHK, maka mereka memilih lebih baik pulang. Apalagi sudah ada pembahasan perihal mudik diperbolehkan atau tidak,” ujar Sultan HB X usai Rapat Forkompimda dan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 DIY di Gedhong Wilis Kepatihan, Kamis (26/3).

BERITA TERKAIT